Sukses

Health

5 Bahaya Konsumsi Kopi Berlebihan Setiap Hari Bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa orang, konsumsi kopi setiap hari adalah kewajiban. Mereka mengungkapkan jika melewatkan konsumsi kopi bisa mengurangi fokusnya. Namun, apakah konsumsi kopi setiap hari dianjurkan? Mengutip dari laman healtlhline.com, kopi adalah minuman paling populer di dunia. 

Minum kopi secara rutin dengan porsi yang tepat, bisa mendatangkan beragam manfaat dan khasiat. Namun, jika kopi dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus, ini justru akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Ada sederet bahaya dari konsumsi kopi setiap hari secara berlebihan. Bahaya tersebut antaranya sebagai berikut:

Meningkatkan Risiko Kecemasan

Bahaya pertama dari konsumsi kopi berlebihan adalah menyebabkan risiko kecemasan. Kafein yang terkandung di dalam kafein, memang bisa meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi dan mengurangi rasa kantuk. Tapi, jika konsumsi kopi ini berlebihan, ini justru meningkatkan risiko kecemasan, kekhawatiran hingga gelisah. 

Mengganggu Sistem Pencernaan

Konsumsi kopi setiap hari diketahui juga bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Gangguan ini akan semakin parah ketika kamu mengonsumsinya secara berlebihan dan tidak memerhatikan asupan nutrisi lainnya yang masuk ke tubuh. Bagi penderita maag, gerd dan sejenis, sangat tidak dianjurkan minum kopi. Ini bisa membuat masalah kesehatan yang ada semakin parah.

Menyebabkan Gangguan Tidur

Studi menemukan jika konsumsi kopi berlebihan, bisa menyebabkan gangguan tidur. Kopi merupakan zat stimulan yang dapat membuat kinerja otak dan saraf lebih aktif. Inilah yang menjadi alasan kenapa minum kopi bikin lebih semangat, terjaga dan tidak mengantuk. Konsumsi kopi secara berlebihan bisa meningkatkan risiko insomnia.

Meningkatkan Risiko Darah Tinggi

Efek konsumsi kopi bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Selain itu, konsumsi kopi secara berlebihan dan setiap hari, rentan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, cemas dan ketakutan tanpa alasan jelas.

Memicu Pengeroposan Tulang

Studi memang menemukan jika konsumsi kopi yang tepat bisa membantu tulang lebih kuat dan sehat. Namun, jika konsumsi kopi dilakukan secara berlebihan secara terus menerus, ini justru memicu pengeroposan tulang. Ini bahkan bisa memicu terjadinya masalah kesehatan gigi. 

Studi menemukan jika kopi sebenarnya aman dikonsumsi dalam batas maksimal yang tepat. Batas tersebut adalah 4 cangkir perhari atau sebanyak 400 mg. Ini juga harus diimbangi dengan asupan nutrisi lainnya. Yuk Sahabat Fimela, lebih bijak dalam menutrisi tubuh termasuk mengonsumsi kopi. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading