Sukses

Health

5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Berhenti Konsumsi Gluten

Fimela.com, Jakarta Perlu diketahui, gluten adalah protein yang ditemukan pada gandum, triticale dan rey. Orang-orang dengan masalah kesehatan celiac, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bebas gluten. Hal ini karena, jika ia mengonsumsi makanan mengandung gluten, ini akan sangat berbahaya buat kesehatannya. 

Beberapa makanan yang tinggi akan kandungan glutennya antara lain roti, kue, sereal, pasta, pastry dan sejenisnya. Jika penderita celiac dianjurkan menghindari gluten, bagaimana dengan orang biasa? Apa yang terjadi jika ia mencoba berhenti mengonsumsi makanan dengan kandungan gluten? 

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, ini yang akan terjadi ke tubuh saat kamu berhenti konsumsi gluten.

Menurunkan Risiko Kembung

Menghentikan konsumsi gluten bisa bermanfaat menurunkan risiko kembung. Studi menemukan jika makanan mengandung gluten rentan bikin kembung. Bahkan ketika pengonsumsinya tak memiliki masalah kesehatan apapun sebelumnya.

Sembelit

Konsumsi gluten bagi orang dengan kondisi kesehatan sensitif, memiliki reaksi berbeda pada sistem pencernaan mereka. Beberapa orang rentan diare, beberapa lagi rentan sembelit. Namun, orang yang berhenti konsumsi gluten, bisa mengalami sembelit.

Lebih Fokus

Saat kebanyakan konsumsi makanan mengandung gluten, seseorang rentan stres, banyak pikiran dan kurang fokus. Sementara itu, ketika ia mencoba berhenti konsumsi gluten, ia akan semakin fokus, berpikir lebih jernih dan nyaman. Beberapa ilmuwan percaya jika, penyebab pikiran terlalu rumit dan rentan stres, salah satunya karena asupan makanan yang terlalu banyak mengandung gluten. 

Makin Subur

Bagi perempuan, diet gluten atau mengurangi asupan gluten bisa membuatnya makin subur. Bagi Sahabat Fimela yang selama ini susah hamil, cobalah untuk diet gluten. Ganti konsumsi gluten dengan lebih banyak konsumsi makanan mengandung vitamin seperti sayur dan buah. 

Bahagia

Studi menemukan jika diet gluten memungkinkan seseorang merasa lebih bahagia. Penelitian menemukan jika diet gluten bisa bantu kita memiliki perasaan yang lebih baik, pikiran lebih jernih dan tubuh sehat yang terasa lebih ringan. 

Itulah sekian efek yang bisa dirasakan dari keputusan berhenti atau mengurangi konsumsi makanan mengandung gluten. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading