Sukses

Health

7 Gejala Kanker Serviks Stadium Awal yang Penting Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Kanker serviks merupakan jenis kanker yang paling rentan terhadap perempuan selain kanker payudara. Kanker serviks bahkan sudah menjadi salah satu kanker yang paling sering terjadi di Indonesia. Mengutip dari laman mayoclinic.org, kanker serviks adalah sel kanker yang bertumbuh dan berkembang pada sel dan jaringan yang ada di leher rahim. 

Sama seperti kanker pada umumnya, gejala awal kanker serviks tak begitu dikenali. Meski begitu, gejala-gejala awal ini sebenarnya bisa diketahui sejak sedini mungkin. Apa saja gejalanya? Berikut gejala kanker serviks yang penting untuk diwaspadai sejak awal.

Pendarahan Abnormal

Gejala yang paling mudah dikenali dan penting diwaspadai adalah pendarahan abnormal pada miss v. Pendarahan bisa terjadi di luar siklus menstruasi. Bisa juga terjadi di siklus menstruasi dengan jumlah darah yang terlalu banyak atau sedikit, tidak seperti pada siklus-siklus sebelumnya. Pendarahan ini tak jarang juga terjadi setelah berhubungan intim. Selain kanker serviks, bisa jadi ini sebagai gejala masalah lain yang cukup serius dan perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Keputihan

Pada gejala kanker serviks, keputihan yang terjadi tidak seperti biasa atau abnormal. Keputihan bisa berwarna keruh, berbau tidak sedap serta dengan jumlah yang terlalu banyak. Keputihan sering kali dibarengi dengan rasa nyeri, gatal dan tidak nyaman pada miss v.

Mudah Lelah

Beberapa studi menemukan jika gejala umum kanker adalah tubuh mudah lelah. Saat seseorang berisiko pada masalah kesehatan ini, ia akan sangat mudah lelah. Bahkan ketika ia telah memiliki waktu istirahat dan memenuhi nutrisi tubuh secara cukup serta tepat.

Sering Buang Air Kecil

Frekuensi buang air kecil akan meningkat ketika seseorang hamil. Tapi, ini juga terjadi karena hal lain termasuk gejala kanker serviks. Saat sel kanker mengelilingi leher rahim, ini akan menekan kandung kemih dan membuatmu menjadi lebih sering buang air kecil.

Nyeri atau Sakit Saat Berhubungan Intim

Ada beberapa masalah kesehatan yang terjadi dengan gejala ini. Salah satunya yakni kanker serviks. Studi menemukan jika ketika panggul sakit saat atau setelah berhubungan intim, ini bisa menjadi gejala kanker serviks. Ketika kamu merasakannya, jangan segan untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter atau bidan ahlinya.

Nafsu Makan Menurun

Saat seseorang terserang sel kanker, perlahan tapi pasti hal ini akan mengubah sistem metabolisme tubuhnya. Perubahan metabolisme rentan menurunkan nafsu makan. Inilah yang kemudian membuat penderita kanker mengalami penurunan berat badan.

Muncul Bercak Darah di Urine

Ketika kamu sedang buang kecil dan mendapati adanya darah dalam urine, kamu patut waspada Sahabat Fimela. Pasalnya, ini sebagai salah satu gejala kanker serviks yang sering terjadi. Untuk mengetahui lebih lanjut dari masalah kesehatan apa yang terjadi, lakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatanmu. 

Nah, itulah sekian gejala awal kanker serviks yang sering terjadi dan patut untuk diwaspadai. Jaga pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan, terutama kanker. Jaga juga kebersihan area kewanitaan untuk mencegah kanker serviks. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading