Sukses

Health

5 Perubahan yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Kamu Stop Minum Kopi

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang menjadikan kopi sebagai minuman wajib setiap hari. Ketika sudah terbiasa minum kopi dan melewatkannya satu hari saja, ini bisa membuat kepala pusing, tubuh mudah lelah, pikiran sulit fokus dan kurang bersemangat. Tapi jangan khawatir, hal ini hanya akan terjadi di hari pertama hingga paling lama sampai pada hari ke sembilan. Setelahnya, kamu bisa mengalami perubahan tubuh yang lebih baik. 

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, ada beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh setelah kamu berhenti minum kopi. Adapun perubahan tersebut antara lain sebagai berikut:

Perubahan Berat Badan

Bagaimana bisa berhenti minum kopi merubah berat badan? Studi menemukan jika konsumsi kopi harian dengan kandungan gula di dalamnya, secara tidak disadari bisa meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Selain bisa meningkatkan risiko diabetes, ini juga meningkatkan risiko obesitas. Sedangkan berhenti minum kopi, bisa menurunkan asupan gula dan mamangkas asupan glukosa penyebab kenaikan berat badan. 

Sementara itu, berhenti konsumsi kopi memungkinkanmu merasa mudah lapar dan ingin makan berbagai macam makanan. Semakin banyak makanan yang ingin dan kamu makan, maka akan semakin tinggi risiko peningkatan berat badan. Berhenti konsumsi kopi tak hanya menurunkan berat badan tetapi juga menaikkan berat badan.

Sembelit

Beberapa orang akan memiliki sistem pencernaan yang lancar karena konsumsi kopi. Ini mengingat kopi mengandung zat tertentu yang bisa melancarkan sistem pencernaan termasuk mencegah sembelit. Saat kamu berhenti minum kopi, ini bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.

Suasana Hati Lebih Baik

Satu atau dua hari setelah memutuskan berhenti minum kopi, suasana hatimu mungkin akan terasa buruk. Tapi, lambat laun suasana hati ini akan berubah menjadi lebih baik dan bahagia. Berhenti konsumsi kopi akan membantumu merasa lebih tenang dan nyaman tanpa ketergantungan pada kopi.

Tidur Lebih Nyenyak

Perubahan yang akan terjadi selanjutnya adalah tidurmu lebih nyenyak. Kafein yang terkandung dalam kopi bisa membuat otak lebih semangat dan terjaga. Meski begitu, kafein ini tak jarang menyebabkan insomnia. Saat kamu memutuskan berhenti minum kopi, besar kemungkinan tidurmu akan lebih nyenyak.

Konsentrasi Menurun

Berhenti konsumsi kopi akan membuat konsentrasi menurun. Apalagi, jika selama ini kamu terbiasa konsumsi kopi setidaknya satu cangkir setiap harinya. Zat dan nutrisi yang terdapat pada kopi, dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi, daya ingat serta fokus. Ini bahkan bisa mencegah berbagai masalah kesehatan termasuk kanker, selama kopi dikonsumsi dengan takaran tepat setiap harinya. 

Nah, itulah sekian perubahan yang akan terjadi pada tubuh saat kamu memutuskan berhenti minum kopi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading