Sukses

Health

5 Jenis Olahraga yang Patut Dicoba bagi Penderita Maag

Fimela.com, Jakarta Maag adalah suatu penyakit yang cukup banyak diderita orang, mulai dari remaja hingga orang yang sudah lanjut usia. Kondisi ini terjadi akibat peradangan yang terjadi pada dinding lambung. 

Ada banyak gejala yang dirasakan oleh penderitanya, seperti mual, nyeri pada perut, perut terasa kembung, dan lain-lain. Tentu hal ini cukup mengganggu kenyamanan, apalagi jika terjadi saat sedang beraktivitas. Untuk meminimalisirnya, kamu bisa mencoba berolahraga. Bagi penderita maag, olahraga yang bersifat ringan hingga sedang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Melansir dari laman klikdokter.com, inilah 5 jenis olahraga yang cocok dilakukan untuk penderita maag.

1. Yoga

Olahraga yang mengandalkan siklus pernapasan dan peregangan tubuh ini sangat cocok bagi penderita maag. Olahraga ini baik dilakukan karena peregangan otot di sekitar perut akan mengurangi tekanan di dalam lambung. Selain itu dapat mengurangi tingkat stres, karena stres dipercaya dapat mengganggu sistem pencernaan, salah satunya maag.

2. Jalan Santai

Penderita maag disarankan untuk melakukan olahraga yang ringan dan tidak banyak gerakan. Maka dari itu, jalan santai adalah ide yang bagus. Gerakan yang terlalu cepat akan membuat otot tegang sehingga perut mendapat banyak tekanan. Dibanding lari, sebaiknya lakukan jalan santai saja. Dengan olahraga ini, penyakit maag akan mudah dikontrol.

3. Berenang

Berenang adalah olahraga yang baik untuk penderita maag. Hal ini dikarenakan saat berenang, otot akan bekerja. Gerakan saat berenang pun akan menghindari tekanan pada perut sehingga mengurangi resiko gejala asam lambung. Namun perlu diingat bahwa kamu dilarang untuk langsung berenang setelah makan, ya.

4. Senam

Olahraga selanjutnya adalah senam. Namun perlu diperhatikan bahwa senam yang baik bagi penderita maag adalah senam yang berisi gerakan ringan. Karena ketika melakukan senam dengan intensitas tinggi, resiko asam lambung akan meningkat. Senam yang disarankan untuk penderita maag adalah senam aerobik dengan gerakan ringan.

5. Bersepeda

Olahraga terakhir yang tepat untuk penderita asam lambung adalah bersepeda. Kamu bisa melakukannya dengan intensitas rendah, mungkin seperti bersepeda mengelilingi komplek secara santai. Jika dilakukan secara teratur, maka akan menstabilkan berat badan dan mengontrol penyakit maag. Gunakan pakaian yang cukup longgar dan nyaman agar tidak menimbulkan tekanan pada perut, ya. 

Itu lah 5 olahraga yang bisa dilakukan untuk penderita maag. Selain berolahraga, penting juga untuk memperhatikan pola makan agar tidak memperburuk keadaan tubuh. Semoga bermanfaat!

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading