Sukses

Health

Hati-hati! Inilah Efek Mengonsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Sebagai masyarakat Indonesia, wajar jika tidak bisa hidup tanpa rasa pedas. Bahkan banyak orang yang ketika bepergian ke luar negeri, mereka tidak lupa untuk selalu membawa sambal bersamanya. Bagi masyarakat Indonesia, makanan pedas adalah pelengkap segala jenis makanan. Tanpa rasa pedas, makanan mungkin akan terasa hambar.

Sebenarnya makanan pedas tidak terlalu berbahaya bagi tubuh. Namun akan berbeda jika kamu mengonsumsinya dengan jumlah yang berlebih. Level kepedasan yang tinggi akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mengutip dari laman halodoc.com, inilah efek-efek yang akan dirasakan oleh tubuh setelah mengonsumsi makanan pedas yang berlebih. 

1. Perut Terasa Nyeri

Makanan pedas dapat meningkatkan kadar asam lambung secara cepat, sehingga sangat berbahaya bagi pengidap maag. Hal ini terjadi karena adanya iritasi pada dinding lambung saat mengonsumsi cabai dalam jumlah banyak. Itulah mengapa kamu akan merasakan perut yang begitu nyeri setelah mengonsumsi makanan pedas dengan level tinggi. 

Tidak hanya itu, makanan pedas juga memicu masalah pencernaan seperti gastritis karena peradangan yang terjadi pada lambung. Hal ini menimbulkan beberapa gejala, seperti mual hingga diare yang berkepanjangan.

2. Perut Terasa Mulas

Pasti kamu terheran-heran mengapa banyak orang yang merasa mulas setelah makan makanan yang sangat pedas. Hal ini dikarenakan makanan pedas membantu mempercepat proses pergerakan usus sehingga membantu memicu diare. Efek iritasi akan terasa saat makanan pedas itu sampai di usus besar, sehingga tubuh memproduksi banyak air ke usus lalu feses dikeluarkan lebih cepat dan mudah.

3. Sensitivitas Lidah Berkurang

Kamu harus lebih waspada saat mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan karena akan berpengaruh pada sensitivitas lidah, loh. Tidak hanya mengurangi sensitivitas lidah saja, bahkan dapat menghilangkannya secara berangsur. Jika hal ini terjadi, peranan lidah tidak lagi bekerja sehingga kamu tidak bisa menentukan level pedas yang kamu tolerir dan tidak bisa merasakan kenikmatan makanan lainnya. Seram banget ya.

4. Insomnia

Wah, rupanya insomnia dapat dipicu karena tingkat kepedasan yang kamu konsumsi. Saat kamu makan makanan yang pedas, suhu tubuh akan meningkat dan mengeluarkan banyak keringat. Maka dari itu, makanan yang sangat pedas akan mengiritasi perut dan mengaktifkan hormon kimia sehingga kamu tidak bisa tidur semalaman penuh.

5. Memicu Refluks Asam

Jika kamu merasakan rasa panas seperti terbakar setelah makan makanan pedas, mungkin itu karena terjadinya refluks asam. Refluks asam adalah kondisi dimana adanya aliran dari isi lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat mengundang berbagai gangguan seperti gerd, luka di kerongkongan serta atypical syndrome. Gangguan-gangguan tersebut tentu akan mengganggumu menjalani aktivitas sehari-hari. 

Itulah beberapa kondisi yang akan muncul setelah kamu mengonsumsi makanan pedas. Tidak apa-apa kok makan makanan pedas, namun sebaiknya tetap dalam batas wajar.

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading