Sukses

Health

Tips Menciptakan Rumah Sehat untuk Si Kecil yang Alergi Debu

Fimela.com, Jakarta Memiliki riwayat alergi debu terutama pada anak-anak memang bisa jadi hal yang memicu rasa tidak nyaman. Sensitivitas berlebihan terhadap partikel debu ini bisa membuatnya jadi mudah bersin dan beringus ketika berada di tempat yang berdebu. Sebagai ibu, tentunya harus siaga dengan kondisi tersebut. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan rumah yang menjadi tempat tinggal, tempat bermain, sekaligus beristirahat.

Tapi, masih bingung bagaimana caranya menciptakan rumah sehat yang bebas penyebab alergi untuk si kecil? Beberapa tips ini bisa jadi panduannya. 

Bersihkan Rumah dari Debu Setiap Hari

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menciptakan rumah yang bebas alergi tentu saja dengan rutin membersihkannya setiap hari. Selain menyapu dan mengepel rumah, penting juga untuk membersihkan debu yang menempel di furnitur, misalnya saja meja, kursi, sofa, rak barang, dan berbagai perabotan lainnya yang ada di dalam rumah. 

Jika memiliki karpet, jangan lupa bersihkan dengan vacuum cleaner untuk mencegah menumpuknya debu yang bisa mengganggu pernapasan si kecil. Lakukan rutinitas ini setiap hari untuk menjaga rumah agar benar-benar bersih, bebas dari debu yang mengganggu kenyamanan anak. 

Ganti Seprai dan Tirai Secara Teratur

Sekilas mungkin tidak terlihat, tapi debu bisa menempel di seprai yang ada di tempat tidur anak. Jadi, jika memiliki anak yang alergi debu, kasur yang ada di kamar tidurnya juga harus dibersihkan secara teratur. Ganti seprai minimal 1 kali dalam seminggu untuk mencegah menumpuknya debu di permukaan seprai. Jika memungkinkan, ibu juga dapat membiasakan menjemur kasur dan bantal di bawah sinar matahari untuk menghilangkan debu sekaligus membunuh kuman.

Selain seprai, perhatikan juga tirai yang digunakan untuk menutupi jendela. Jika menggunakan kain tirai seperti gorden, biasakan untuk mencuci dan menggantinya secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu. 

Bersihkan AC yang Dipakai Secara Rutin

AC memang kini jadi salah satu perlengkapan elektronik yang banyak digunakan di rumah-rumah untuk menyejukkan ruangan. Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan AC yang terpasang di dalam rumah, lho. Celah-celah kipasnya juga bisa menjadi tempat bersarang debu, sehingga ketika dinyalakan malah jadi penyebar debu paling umum di rumah. 

Jadwalkan untuk membersihkan AC secara rutin, minimal setiap 1 kali dalam sebulan. Hal ini penting untuk mencegah alergi debu si kecil kambuh. Ia pun bisa lebih nyaman ketika merasakan sejuknya udara di rumah.

Jika Memiliki Hewan Peliharaan, Sebaiknya Beri Area Khusus

Jika memiliki anak yang mengidap alergi debu, sebisa mungkin jauhkan mereka dari hewan peliharaan terutama yang berbulu. Bulu hewan mengandung sel protein berupa air liur atau urin yang terbang bersama debu. Hal ini bisa memicu alergi saat hinggap pada si kecil. 

Namun kalau memang memiliki hewan peliharaan di rumah, sebaiknya jangan dilepaskan secara bebas di rumah. Berikan ruangan khusus yang tidak jadi satu dengan area bermain dan area lain yang biasa ditempati si kecil.

Jaga Kelembapan Udara dengan Air Purifier

Untuk menambah kenyamanan di rumah bersama si kecil, ibu bisa manfaatkan air purifier yang dapat membantu membersihkan udara di dalam rumah. Peralatan elektronik yang satu ini bekerja dengan cara menyaring polutan dan zat alergen yang ada di udara. Terlebih teknologi canggih dari air purifier yang disematkan dapat menjadi fitur yang mendukung terciptanya rumah sehat bebas alergi. Misalnya saja tahapan filtrasi berlapis yang dapat menyaring partikel polutan, alergen, hingga mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri di dalam rumah.

Yuk, saatnya ciptakan rumah sehat dan nyaman untuk si kecil yang memiliki riwayat alergi debu dengan beberapa tips di atas! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading