Sukses

Health

5 Kebiasaan yang Memicu Risiko Gagal Ginjal pada Anak Muda

Fimela.com, Jakarta Di zaman sekarang, ternyata banyak anak muda yang terkena penyakit gagal ginjal sehingga mereka menghabiskan banyak waktu, tenaga, serta uang untuk mencuci darah. Munculnya gejala gagal ginjal pada anak muda ini dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat dan sembarangan. Hal ini cukup menyedihkan, mengingat bahwa mereka kurang memperhatikan kesehatan diri mereka sendiri.

Ada banyak hal baru yang menjadi kebiasaan, lalu diubah menjadi hal yang wajar untuk dilakukan. Kebiasaan buruk itulah yang memicu resiko gagal ginjal pada anak muda. Lantas, kebiasaan seperti apa sajakah itu?

1. Mengonsumsi Alkohol

Anak muda zaman sekarang sangat suk mengonsumsi minuman beralkohol, padahal kandungan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal. Minuman beralkohol berpotensi tinggi untuk memicu resiko gagal ginjal kronis.

2. Minum Minuman Bersoda

Tidak hanya minuman alkohol yang berbahaya bagi kesehatan ginjal, namun minuman bersoda juga. Kandungan pemanis yang cukup tinggi pada minuman bersoda beresiko menimbulkan gejala penyakit gagal ginjal, apalagi jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

3. Sering Begadang

Banyak anak muda zaman sekarang yang gencar melakukan begadang, bahkan hingga pagi hari tidak tidur. Hal ini disebabkan oleh beragam alasan, mungkin mengerjakan pekerjaan atau sekadar bermain sosial media atau menonton serial. Pada dasarnya, fungsi ginjal dapat dikontrol oleh siklus tidur.

4. Merokok

Merokok menjadi salah satu kebiasaan yang sudah dianggap wajar bagi kalangan anak muda. Mungkin di awal mereka hanya penasaran karena tuntutan lingkungan, namun lama kelamaan mereka mulai kecanduan. Selain berbahaya bagi paru-paru, rokok berbahaya bagi fungsi ginjal karena akan memperlambat aliran darah menuju ginjal.

5. Kurang Minum Air Putih

Bagi orang dalam kondisi sehat, penting untuk menghidrasi tubuh dengan minum air putih sekitar 2 liter per harinya. Hal ini mampu mencegah penyakit ginjal. Minum air putih yang cukup mampu menjaga fungsi ginjal agar tetap sehat dan optimal. Namun sayangnya, masih banyak anak muda yang menyepelekan hal ini. 

Nah Sahabat Fimela, itu dia 5 kebiasaan buruk yang harus dihindari agar kesehatan ginjal tetap terjaga dan terhindar dari penyakit gagal ginjal yang berbahaya. Yuk, ubah gaya hidupmu menjadi lebih sehat dan rasakan perubahaan yang hebat.

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading