Sukses

Health

5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Dimulai dari Kebiasaan Harian

Fimela.com, Jakarta Kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, hingga masalah jantung adalah penyakit yang memiliki risiko kematian tinggi. Penyakit ini bisa menyerang siapa pun tanpa mengenal usia. Terutama penyakit jantung yang dapat menyerang kapanpun tanpa disadari. Untuk itu sangat penting menjaga kesehatan jantung sejak dini. Menjaga kesehatan jantung artinya juga menjaga kesehatan otak.

Kesehatan jantung sangat bergantung pada gaya hidup. Mulai dari kebiasaan kecil sehari-hari, berikut cara menjaga kesehatan jantung dilansir pada laman Health.

1. Terapkan Diet Sehat

Diet bukan hanya untuk menurunkan berat badan namun juga mengoptimalkan kesehatan. Menurut penelitian, diet yang fokus menurunkan hipertensi baik untuk menunjang kesehatan jantung. Tips terbaik untuk menerapkan diet antara lain:

  • Mengonsumsi sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan
  • Sertakan lemak sehat seperti ikan
  • Ganti susu dengan susu rendah lemak
  • Kurangi daging merah
  • Hindari makanan olahan atau junk food

2. Mengendalikan Stres

Stres dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti darah tinggi dan kolesterol yang berpengaruh pada kesehatan jantung. Lakukan meditasi, latihan pernapasan, atau aktivitas lain seperti menulis jurnal dan melukis untuk meredakan stres.

3. Tidur Cukup

Istirahat sangat penting untuk meningkatkan kesehatan organ tubuh termasuk jantung. Saat tidur, jantung dan hormon tubuh tidak bekerja terlalu keras sehingga dapat beristirahat dan berpengaruh pada suasana hati baik saat bangun tidur. Hal ini dapat mengurangi stres. Untuk orang dewasa tidurlah selama 7-9 jam per hari.

4. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Gigi yang sehat adalah gigi yang bersih. Menjaga kesehatan gigi adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk jantung. Studi menemukan mulut dan gusi yang bermasalah berpotensi memindahkan bakteri ke aliran darah dan menyebabkan peradangan pembuluh darah. Hal ini berpengaruh pada risiko jantung dan stroke.

5. Berjalan Kaki dan Menaiki Tangga

Daripada menunggu lift dalam waktu lama, jalanlah dan pilih untuk menaiki tangga. Ini merupakan kegiatan alternatif untukmu yang sibuk dan jarang berolahraga. Banyak jalan kaki akan meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan jantung. Selain itu menggerakkan tubuh juga dapat meredakan stres dan melepas hormon bahagia. Akan lebih baik bila diiringi dengan olahraga rutin.

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan mulai dari hal kecil. Terapkan kebiasaan baik dan mulailah gaya hidup sehat.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading