Sukses

Health

15 Buah Penurun Kolesterol yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Jika bicara tentang kolesterol, tentu kita tahu bahwa salah satu makanan yang efektif menurunkan kolesterol adalah buah-buahan. Ini karena banyak jenis buah-buahan memiliki serat larut yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol, seperti dilansir dari penelitian Current Atheroscler Reports. Ada banyak sekali buah-buahan yang mampu menurunkan kolesterol, beberapa di antaranya adalah sekian buah ini.

1. Alpukat

Kaya akan serat larut dan tidak larut, alpukat sangat menonjol dalam menurunkan kolesterol. Alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal, potasium, vitamin E, dan kandungan oksalat yang rendah.

2. Apel

Buah yang mencegah segala macam penyakit ini kaya akan vitamin dan mineral serta serat yang baik dalam menurunkan kolesterol, darah tinggi dan melancarkan pencernaan. Bahkan identik sebagai 'buah diet'.

3. Pisang

Buah pisang yang manis dan lembut ini kaya akan vitamin, mineral dan serat. Pisang efektif mengenyangkan perut sekaligus menurunkan kolesterol secara alami.

4. Jeruk

Buah citrus atau berbagai jenis jeruk sangat tinggi serat terlarut sehingga dapat menurunkan kolesterol dengan cepat. Kandungan nutrisinya yang kaya vitamin dan mineral juga baik untuk tubuh secara umum.

5. Stroberi

Stroberi memiliki kandungan serat terlarut dan antioksidan yang tinggi sehingga efektif menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

6. Anggur

Buah anggur kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, potassium, mangan, dan vitamin E. Kandungannya yang sehat ampuh turunkan kolesterol dan darah tinggi.

7. Nanas

Buah nanas sangat tinggi kandungan vitamin C, mangan dan vitamin B6, dan berbagai antioksidan. Nanas efektif turunkan kolesterol karena serat terlarutnya yang juga tinggi.

8. Melon

Buah melon bukan hanya manis tapi juga kaya serat, vitamin C, vitamin B6, folat, vitamin K dan potassium/kalium. Semua itu memambantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

9. Semangka

Buah semangka yang manis dan segar juga efektif turunkan kolesterol karena kandungan antioksidan dan likopen dalam semangka efektif menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

10. Pir

Buah pir memiliki tekstur renyah, segar dan berair. Mengandung banyak vitamin C, potasium, dan berbagai antioksidan serta merupakan sumber serat yang sangat baik, sekitar 29% adalah serat larut dalam bentuk pektin.

11. Pepaya

Buah pepaya sangat tinggi kandungan serat terlarut, vitamin A, vitamin C, Vitamin E dan rendah kalori. Kandungan antioksidannya efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi.

12. Belimbing

Buah belimbing mengandung vitamin C tinggi, vitamin B5, potassium, magnesium dan serat. Penelitian dalam PubMed Central membuktikan belimbing dapat mengurangi lemak di hati dan menurunkan kolesterol.

13. Jambu

Buah jamu kaya vitamin C, antioksidan, potassium dan serat. Jika ingin lebih efektif minum juga air rebusan daun jambu yang menurut penelitian terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol.

14. Mangga

Buah mangga kaya akan vitamin A dan C. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa buah ini mungkin tinggi gula, tapi punya serat terlarut yang juga tinggi sehingga baik untuk menurunkan kolesterol.

15. Buah Naga

Buah naga kaya akan serat dan magnesium, rendah kalori, kaya antioksidan seperti betalain, flavonoid, dan hidroksisinamat dan padat nutrisi. Sangat baik dalam mencegah diabetes dan menurunkan kolesterol.

Itu dia sekian buah penurun kolesterol. Rajin mengonsumsi jika kamu punya masalah kolesterol tinggi ya, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading