Sukses

Health

13 Buah Penurun Kolesterol yang Unik dan Eksotik di Sekitar Rumah

Fimela.com, Jakarta Indonesia kaya sekali akan buah-buahan eksotik nan unik yang kemungkinan besar tidak ada di negara-negara lain, misalnya negara-negara empat musim. Buah-buahan tersebut juga memiliki banyak manfaat kesehatan, beberapa di antaranya dapat menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kadar gula darah. Ini dia beberapa buah-buahan penurun kolesterol yang mudah ditemukan di Indonesia.

1. Sawo

Buah sawo bukan hanya empuk, manis dan segar tapi juga memiliki kandungan vitamin, mineral, serat tinggi dan antioksidan mampu menurunkan kadar glikemia, insulin, leptin, kolesterol dan trigliserida, serta meningkatkan kolesterol baik.

2. Manggis

Buah manggis memiliki vitamin, mineral dan serat tinggi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah manggis efektif menurunkan kolesterol jahat (LDL). Begitu pula ekstrak kulit manggis dalam menurunkan kadar kolesterol karena memiliki senyawa Xanthone.

3. Kelengkeng

Buah kelengkeng tinggi akan kandungan serat dan antioksidan berupa polifenol yang membantu melancarkan pencernaan, menurunkan kelebihan kolesterol jahat, dan membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

4. Leci

Buah leci tinggi akan serat dan kandungan antioksidan berupa polifenol sehingga dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL), membatasi penumpukannya di pembuluh arteri dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

5. Rambutan

Buah rambutan kaya akan vitamin, mineral dan serat sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat dan melindungi dari penyakit jantung. Penelitian menunjukkan adanya khasiat yang sama pada kulit rambutan.

6. Salak

Buah salak yang renyah mengandung mineral, serat tinggi, dan vitamin atau antioksidan, khususnya senyawa saponin dan flavonoid sehingga dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

7. Kesemek

Buah kesemek memiliki serat terlarut yang tinggi sehingga membantu menurunkan kolesterol, kadar gula darah, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi kesemek menunjukkan penurunan kolesterol jahat (LDL).

8. Nangka

Buah nangka tinggi kandungan serat sehingga sangat bagus dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Bahkan biji nangka yang dimasak dan dikonsumsi juga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan menjaga kadar gula darah.

9. Markisa

Buah markisa jika dimakan beserta bijinya akan memberikan serat tinggi di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan kelebihan kolesterol dan melancarkan pencernaan, bahkan meningkatkan sensitivitas insulin.

10. Srikaya

Buah srikaya memiliki kandungan vitamin, mineral dan serat yang tinggi sehingga mampu menurunkan kolesterol. Srikaya juga menjadi buah yang mengandung rasio kalium dan natrium seimbang sehingga membantu mengendalikan fluktuasi tekanan darah.

11. Buah Tin (Fig)

Buah tin sangat baik dalam menurunkan kolesterol tinggi karena kandungan antioksidan, pektin, dan serat larut di dalamnya. Serat larut membantu menghilangkan trigliserida dan menurunkan tekanan darah tinggi.

12. Jeruk Bali

Jeruk bali memiliki kandungan vitamin C dan serat tinggi sehingga sangat baik dalam menurunkan kolesterol. Rasanya yang asam manis juga baik dalam menurunkan tekanan darah dan melancarkan pencernaan.

13. Sirsak

Buah sirsak yang asam manis sangat kaya akan vitamin, mineral dan serat sehingga dapat menurunkan kolesterol. Bahkan rebusan daun sirsak juga memiliki antioksidan berupa flavonoid yang efektif turunkan kolesterol.

Jadi, jika ingin menurunkan kolesterol pastikan rajin mengonsumsi buah-buahan penurun kolesterol ini ya, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading