Sukses

Health

5 Cara Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Bantal yang Mengganggu Aktivitas

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa lehermu terasa nyeri di pagi hari ketika bangun tidur? Bisa jadi hal tersebut terjadi karena salah bantal.

Salah bantal mungkin saja maksudnya memang kamu keliru menggunakan bantal, misalnya bantal yang kamu gunakan malah bantal yang keras sehingga membuat lehermu tidak nyaman semalaman. Namun salah bantal juga bisa diartikan sebagai posisi tidur yang keliru.

Leher yang nyeri akibat salah bantal memang sangat mengganggu. Rasa nyeri tersebut bisa berlangsung lama, misalnya selama seharian penuh dan membuatmu jadi tak nyaman ketika beraktivitas.

Lalu bagaimana cara mengatasi salah bantal yang membuat leher jadi terasa nyeri? Simak cara-caranya berikut ini.

1. Kompres

Ada dua cara mengatasi salah bantal menggunakan kompres, yakni dengan es batu ataupun air hangat. Mengompres leher dipercaya menjadi cara mengatasi salah bantal yang ampuh.

Jika ingin mengompres leher dengan es batu, bungkuslah beberapa butir es batu dengan kain atau handuk bersih. Kemudian kompreskan di bagian leher yang sakit atau kaku.

Kalau kamu memilih kompres hangat, basahi kain bersih dengan air hangat, peras kainnya, lalu tempelkan di bagian leher yang sakit. Kompreslah leher selama 20 menit hingga rasa sakit di leher mulai mereda.

Namun jangan kompres leher sambil tidur ya. Kompres yang menempel dalam waktu lama bisa menimbulkan kerusakan pada kulit leher.

2. Minum Obat Antinyeri

Konsumsi obat penghilang rasa sakit bisa meredakan rasa nyeri pada leher yang kamu rasakan. Obat acetaminophen, atau obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen, naproxen, hingga aspirin bisa menjadi pilihan.

Namun sebelum mengonsumsi berbagai obat tersebut, lebih baik konsultasikan kepada dokter atau apoteker di apotek tempat kamu membeli obat tersebut agar mengetahui cara pemakaian dan dosis tepatnya.

3. Stretching

Menggerakkan kepala ke kiri dan kanan, menjadi salah satu gerakan fisik yang sangat dianjurkan. Pastikan kamu sudah melakukan cara mengatasi salah bantal pertama (kompres atau mandi dengan air hangat) sebelum meregangkan badan.

Dalam kondisi salah bantal, ada baiknya melakukan gerakan secara pelan dan tidak tiba-tiba. Jika dilakukan secara tiba-tiba, nyeri leher bisa semakin parah.

4. Hindari Olahraga Berat

Kalau kamu gemar mengangkat beban berat di gym, untuk sementara waktu hindari atau kurangilah latihan tersebut. Sebab, rasa nyeri dan kaku di leher bisa semakin parah kalau kamu mengangkat barang yang terlalu berat.

5. Perbaiki Posisi Tidur

Cara terakhir ini adalah cara yang paling sering dilewatkan padahal cara ini merupakan cara yang paling berpengaruh dalam mengatasi leher sakit akibat salah bantal. Perbaiki posisi tidurmu agar lehermu tak lagi sakit keesokan harinya. Beberapa tips untuk memperbaiki posisi tidur ini bisa kamu coba di rumah:

  • Tidur di kasur dengan permukaan yang rata
  • Menggunakan bantal leher
  • Tidurlah dengan posisi tidur terlentang atau miring
  • Melakukan relaksasi sebelum tidur
  • Mengenakan pelindung mulut jika kamu sering menggesek gigi tanpa disadari

Itulah 5 cara mengatasi sakit leher akibat salah bantal yang kamu alami. Kalau rasa sakit di lehermu tidak juga mereda atau justru semakin parah, segera konsultasikan pada dokter agar segera mendapatkan penanganan yang benar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading