Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Tensi Darah Naik yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah seseorang melebihi normal, yaitu lebih dari 120.80 mmHg. Penyakit hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya. Bahkan hipertensi disebut sebagai penyakit silent killer. Sebutan ini bukanlah sebutan sembarangan.

Hipertensi disebut sebagai penyakit silent killer karena tidak ada gejala ketika seseorang menderita hipertensi. Seseorang baru tahu ia mengidap hipertensi setelah mengalami berbagai kondisi atau gejala yang diakibatkan oleh hipertensi seperti sakit kepala, gangguan penglihatan, sesak napas hingga mimisan.

Penyebab dari hipertensi sendiri belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang bisa memicu naiknya tekanan darah, salah satunya adalah makanan. Berikut 7 makanan yang bisa jadi penyebab tensi darah naik yang perlu dihindari.

1. Garam

Konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan retensi air dan meningkatkan volume darah, yang pada akhirnya akan meningkatkan tekanan darah. Untuk menghindarinya, disarankan untuk mengurangi konsumsi garam dalam makanan. Bacalah label gizi pada makanan kemasan dan hindari makanan olahan yang tinggi kandungan garamnya. Pilihlah rempah-rempah dan bumbu alami sebagai pengganti garam.

2. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan tinggi lemak jenuh, seperti daging merah, mentega, dan makanan cepat saji, dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan memperburuk tekanan darah. Sebaiknya, pilihlah sumber protein rendah lemak, seperti ikan, ayam tanpa kulit, atau kacang-kacangan.

3. Makanan Cepat Saji (Fastfood)

Makanan cepat saji seringkali mengandung tinggi garam, lemak jenuh, dan kolesterol. Konsumsi makanan cepat saji secara teratur dapat meningkatkan risiko hipertensi. Hindarilah makanan cepat saji sebisa mungkin dan pilih makanan yang segar dan alami.

4. Minuman Berkafein

Kafein dalam minuman seperti kopi, teh, dan minuman energi dapat meningkatkan tekanan darah. Kalau kamu memiliki tekanan darah tinggi atau riwayat hipertensi, sebaiknya batasi konsumsi minuman berkafein atau gantilah dengan minuman herbal tanpa kafein.

5. Makanan Tinggi Natrium

Selain garam, makanan yang tinggi natrium seperti makanan kalengan, makanan beku, dan makanan instan juga harus dihindari. Baca label makanan dengan cermat dan pilih makanan yang rendah natrium atau tanpa tambahan garam.

6. Makanan Olahan

Makanan olahan sering mengandung bahan tambahan, garam, dan lemak jenuh yang tinggi. Cobalah mengurangi konsumsi makanan olahan dan pilih makanan segar, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh.

7. Alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak organ hati. Kalau kamu punya riwayat hipertensi, sebaiknya batasi konsumsi alkohol atau hindarilah sepenuhnya.

Itulah 7 makanan dan minuman penyebab tensi naik yang harus kamu hindari. Mulailah untuk makan makanan sehat dan menjaga pola hidup agar lebih sehat agar terhindar dari hipertensi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading