Sukses

Health

Flash Optical Laser Metode Atasi Ambeien Hingga Tuntas

 

Fimela.com, Jakarta Wasir atau yang biasa dikenal dengan ambeien merupakan penyakit gangguan pencernaan yang umum terjadi di masyarakat. Penyakit ini dapat terjadi pada pria dan wanita, namun lebih rentan terjadi pada ibu hamil dan pasien yang mengalami sembelit atau diare kronis.

dr. Olivia Fransisca Moniaga, Sp.B.,FINACS.,SH.,MH mengatakan ambeien dapat dipicu oleh kebiasaan mengejan terlalu keras saat buang air besar atau duduk terlalu lama, sembelit atau diare yang berkepanjangan, sering mengangkat beban yang terlalu berat, kehamilan atau baru melahirkan, dan obesitas.

“Benjolan pada ambeien mungkin tidak terasa dan tidak terlihat dari luar anus, sehingga jarang menimbulkan keluhan. Ambeien dalam juga bisa sembuh dengan sendirinya jika termasuk ke dalam jenis wasir ringan yang biasanya baru terdeteksi ketika ada darah keluar dari anus saat BAB. Gejala-gejala ini biasanya baru muncul ketika wasir dalam menjadi semakin besar,” ujar ungkap dr. Olivia selaku dokter spesialis bedah di Sentra Medika Hospital, Minahasa Utara. setelah sesi sharing hands on yang diselenggarakan pada 11 Juli 2023.

Benjolan pada ambeien mungkin tidak terasa dan tidak terlihat dari luar anus, sehingga jarang menimbulkan keluhan. Wasir dalam juga bisa sembuh dengan sendirinya jika termasuk ke dalam jenis wasir ringan yang biasanya baru terdeteksi ketika ada darah keluar dari anus saat BAB. Gejala-gejala ini biasanya baru muncul ketika wasir dalam menjadi semakin besar.

Berdasarkan derajat atau tingkat keparahannya, wasir dibagi menjadi 4 yaitu derajat 1, benjolan wasir terletak di dalam anus dan tidak bisa dilihat dari luar. Derajat 2, benjolan sudah mulai keluar dari anus ketika sedang BAB, namun masih bisa masuk kembali dengan sendirinya. Kemudian, wasir dengan derajat 3 biasanya benjolan yang muncul tidak lagi bisa masuk sendiri, harus dibantu dengan dorongan jari. Terakhir, pada derajat 4, benjolannya sudah tidak bisa masuk lagi ke dalam anus.

 

Penangan Ambeien

dr. Cecilia Naritha Direktur Sentra Medika Hospital Minahasa Utara mengatakan selama ini penanganan wasir menimbulkan efek samping yang sangat sakit. Maka, perawatan dengan metode Radiofrekuensi dan Flash Optical Laser menjadi alternatif pengobatan ambeien.

“Diharapkan dapat membantu masyarakat meminimalkan efek samping dan mempercepat pemulihan penyembuhan wasir,” katanya. 

Flash Optical Laser ini merupakan tindakan bedah yang tidak melibatkan pemotongan jaringan hemoroid. Prinsipnya, energi laser akan dialirkan untuk mengempiskan hemoroid dengan rasa nyeri minimal, durasi tindakan lebih cepat kurang dari 20 menit dan proses penyembuhan cepat sehingga tidak perlu rawat inap.

Selain laser, Vena Wasir Center juga memiliki teknologi canggih lainnya, yaitu Radiofrekuensi yang mengatasi wasir hingga tuntas dengan efektivitas terapi mencapai hingga 90% tanpa luka bakar sehingga tidak menimbulkan rasa panas di sekitar anus. Keunggulan lain dari metode ini adalah wasir kering hingga ke pangkal dan pasien dapat langsung beraktivitas setelah tindakan.

Dengan menggunakan metode terbaru ini, pasien tidak perlu lagi melakukan operasi bedah terbuka maupun konvensional dengan masa penyembuhan yang lebih lama. Metode modern ini lebih minim sayatan, luka sedikit dan Anda bisa langsung beraktivitas.

Untuk pertama kalinya, pengobatan ini bisa didapatkan di Sulawesi Utara, Vena Wasir Center cabang Sentra Medika Hospital Minahasa Utara hari ini telah resmi dibuka, tepatnya di Jl. Ir. Soekarno, Maumbi, Kac. Kalawat, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara. 

”Untuk memastikan mutu pelayanan medis yang baik, Sentra Medika Hospital ini memiliki standar minimal peralatan. Layanan-layanan tersebut semakin disempurnakan dengan peralatan canggih dari Vena Wasir Center agar masyarakat dapat semakin mempercayakan kebutuhan layanan kesehatan wasir di Vena Wasir Center. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap banyaknya kasus pada penderita wasir atau ambeien yang cenderung dianggap seperti aib” Ujar Pak Oman Abdurrahman selaku Direktur Operasional dan Bisnis Vena Wasir.

“Kalau muncul gejala seperti ambeien sebaiknya pasien segera konsultasikan dengan dokter spesialis bedah kami. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami menawarkan metode berteknologi tinggi seperti Laser dan Radiofrekuensi yang dapat menyembuhkan penderita wasir tanpa perlu rawat inap,” Zahid Faruqi selaku Marketing Manager Vena Wasir Center.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading