Sukses

Health

Kenali Ciri-Ciri Anak dengan Hemoglobin Rendah

Fimela.com, Jakarta Kesehatan anak merupakan prioritas utama bagi setiap orangtua. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah kadar hemoglobin (Hb) anak.

Dilansir dari Healthline, hemoglobin (HB) merupakan protein yang ada di dalam sel darah merah. Hemoglobin memiliki berbagai peran penting dalam tubuh, salah satunya yaitu mengikat dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. 

Ketika kadar hemoglobin anak rendah, bisa menimbulkan masalah kesehatan serius. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orangtua untuk mengetahui agar dapat segera mengambil tindakan yang tepat.

1. Kelelahan yang berlebihan

Ciri pertama anak dengan hemoglobin rendah adalah kelelahan yang berlebihan. Jika kamu melihat si kecil tampak lemas, mudah mengantuk, dan sulit untuk beraktivitas seperti biasa, kemungkinan besar ini adalah tanda bahwa tubuhnya kekurangan oksigen akibat hemoglobin yang rendah.

2. Kulit pucat

Pucatnya kulit anak bisa menjadi tanda bahwa kadar hemoglobin-nya rendah. Kulit yang pucat dapat terlihat terutama pada wajah, bibir, dan kuku anak.

3. Kesulitan bernapas

Dilansir dari Harvard Health Publishing, anak dengan kadar hemoglobin rendah seeing kali mengalami kesulitan bernafas, terutama saat beraktivitas fisik. Mereka mungkin terengah-engah atau sulit mengikuti kegiatan olahraga atau bermain dengan teman-teman sebayanya.

4. Anak mengalamk detak jantung cepat

Hemoglobin rendah mengakibatkan jantung bekerja lebih keras untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga detak jantung menjadi lebih cepat. Jika kamu merasa detak jantung anak lebih cepat dari biasanya, hal ini juga bisa menjadi indikasi hemoglobin anak rendah.

5. Sering sakit

Anak dengan hemoglobin rendah cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang melemah, sehingga anak dapat lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit, seperti flu, batuk, atau pilek.

6. Konsentrasi dan daya ingat menurun

Anak dengan kadar Hb rendah juga bisa mengalami kesulitan dalam konsentrasi dan daya ingat. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen yang dibawa oleh sel darah merah ke otak. Dilansir dari Medical News Today, oksigen sangat penting untuk fungsi otak yang optimal, termasuk konsentrasi dan kemampuan mengingat informasi. 

7. Kuku rapuh dan menguning

Kuku rapuh dan menguning adalah salah satu ciri yang perlu diperhatikan karena dapat menjadi indikasi adanya hemoglobin rendah pada anak. Kuku yang sehat biasanya kuat, licin, dan berwarna pink atau transparan. Apabila anak mengalami kekurangan hemoglobin, kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan kuku dan menyebabkan perubahan yang mencolok.

Demikian ciri-ciri anak dengan kadar HB rendah. Jika kamu mengamati beberapa gejala di atas pada anak, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebab, kadar Hb yang rendah bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan serius seperti anemia atau kekurangan zat besi. Disamping itu, mengidentifikasi dan mengatasi masalah ini sejak dini juga sangat penting agar anak bisa tumbuh dengan sehat dan bugar.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading