Sukses

Health

3 Cara Merawat Rambut yang Mulai Beruban Agar Tetap Tampil Cantik

Fimela.com, Jakarta Rambut berubah warna menjadi beruban merupakan kondisi yang disebabkan oleh berbagai faktor. Dilansir melalui Harvard Medical School, penyebab rambut berubah warna menjadi putih atau yang sering kita kenal dengan istilah “Beruban” disebabkan adanya gangguan pada tubuh seperti kekurangan vitamin B12, stres yang parah, ataupun gangguan tiroid. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena tidak semua rambut berubah karena penyakit-penyakit di atas. Ada juga penyebab lain seperti faktor genetik dan memang kamu sudah memasuki usia lanjut. 

Umumnya, keadaan ini muncul ketika kamu sudah berusia lanjut. Kondisi rambut beruban disebabkan oleh folikel rambut yang kehilangan pigmennya akibat bertambahnya usia seseorang. Karena kondisi itulah, rambut seseorang berubah warna menjadi putih. Meskipun dengan adanya perubahan rambut ini, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa tetap tampil cantik dengan 3 cara ini. Berikut penjelasan rangkuman oleh Fimela. 

1 Gunakan Hair Oil secara rutin

Step pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan hair oil secara rutin. Hair oil atau minyak rambut dapat mengunci kelembaban rambutmu yang sudah terkikis karena rambut beruban serta dapat memperhalus dan membuat rambut gampang diatur. Jenis hair oil juga beragam dan kamu juga bisa membuatnya sendiri. 

Umumnya, hair oil yang digunakan untuk rambut beruban  berbahan dasar alamiah. Kamu bisa pilih jenis-jenis seperti minyak kelapa, minyak zaitun, black sesame dan lainnya. Cara menggunakannya juga mudah. Kamu tinggal aplikasikan hair oil yang kamu punya pada seluruh permukaan rambut, jangan lupa rambutmu harus dalam keadaan kering, setelah itu pijat-pijat rambut dan tutup seluruh permukaan rambut dengan handuk yang sudah direndam di air panas, jika kamu di salon, kamu bisa gunakan steam,  biarkan selama 60 menit, cuci bersih kembali rambut kamu dan jangan lupa untuk hasil yang lebih optimal kamu bisa gunakan hair tonic untuk hasil akhir yang lebih maksimal. 

2 Jangan mencabut uban yang sudah tumbuh

Dapat dimengerti jika kamu yang memiliki rambut beruban seringkali merasakan rasa gatal yang amat serta rasa ingin mencabut uban meningkat. Tetapi tahukah kamu bahwa sebaiknya rambut beruban tidak boleh dicabut? 

Jika kamu sering mencabut rambut bagian beruban, sebaiknya kamu kurangi deh. Sebab, dengan bagian yang sering dicabut ini akan mengganggu pertumbuhan pada rambut. Rambut bisa tumbuh ke dalam atau mengalami ingrown hair, tidak hanya itu karena seringnya rambut dicabut dengan paksa juga dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut sehingga tekstur rambut berubah menjadi lebih kasar dan mudah rapuh, terakhir jika sudah dalam keadaan parah, folikel rambut yang rusak dapat memicu terjadinya kebotakan dan rambut tidak dapat tumbuh kembali seperti dulu. 

3 Makan makanan yang mengandung Vitamin B12

Tahukah kamu bahwa vitamin B12 memiliki peran besar dalam menjaga rambut? Jika kamu kekurangan vitamin B12, kamu bisa mengalami ubanan pada usia dini. Untuk itu, konsumsi vitamin B12 sangat diperlukan. 

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 kamu bisa mengendalikan pertumbuhan uban pada rambut. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 kamu juga bisa menjaga kilau rambutmu. Untuk jenis makanan yang mengandung vitamin B12 dapat kamu temukan di supermarket maupun pasar serta toko bahan makanan di sekitar. Cukup praktis, kamu bisa mengkonsumsi daging merah, produk olahan susu, dan sereal. 

Itulah 3 cara yang bisa kamu terapkan untuk mengendalikan uban yang tumbuh serta tetap tampil cantik. Dengan melakukan perawatan rambut serta konsumsi makanan yang bergizi, kamu bisa menjaga rambutmu dan tampil dengan cantik dan menarik. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading