Sukses

Health

5 Buah yang Cocok untuk Mengatasi Asam Lambung

Fimela.com, Jakarta Bagi penderita asam lambung, penyakit ini tentunya sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Saat asam lambung naik, akan terasa gejala - gejala yang begitu menyakitkan. Contohnya seperti rasa sakit di dada, nyeri ulu hati, sensasi terbakar ketika asam lambung telah menuju ke kerongkongan hingga muncul beberapa keluhan lainnya.

Rasa nyeri tersebut dapat disebabkan karena sejumlah hal, seperti pola makan yang tidak teratur, gaya hidup tidak sehat, serta mengonsumsi makanan yang pedas, asam, dan berminyak. Oleh karena itu, sangat penting bagi Sahabat Fimela yang menderita asam lambung untuk memperhatikan kembali apa saja makanan yang akan dikonsumsi dan mengatur jadwal makan dengan baik. 

Ternyata, beberapa buah juga perlu diperhatikan kembali karena mengandung asam tinggi dan berisiko menyebabkan asam lambung naik. Berikut kelima buah yang bisa kamu konsumsi karena memiliki kadar asam yang rendah dan baik untuk kesehatan pencernaan:

1. Pisang

Pisang sangat baik untuk kesehatan karena memiliki sifat basa (alkali). Buah ini dapat membantu menetralisir asam lambung dengan cara melapisi lapisan kerongkongan yang mengalami iritasi. Selain itu, pisang juga kaya akan serat yang bisa membantu makanan untuk mengalir dengan baik hingga saluran pencernaan dan mengurangi refluks. Bahkan, pisang juga membantumu untuk merasakan kenyang lebih lama. Dilansir dari situs food.ndtv, pisang juga mengandung kalium, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. 

2. Melon

Melon merupakan buah yang rendah asam sehingga cocok untuk dikonsumsi tanpa harus menyebabkan asam lambung menjadi naik. Melon juga memiliki kandungan seperti pisang karena adanya sifat alkali untuk menetralkan kadar keasaman. Oleh karenanya, buah ini dapat mencegah iritasi pencernaan, apalagi karena adanya kandungan mineral magnesium,kalium, dan juga antioksidan.

3. Pepaya

Buah ini dikenal memiliki begitu banyak khasiat untuk melawan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, kesehatan tulang, dan asma. Pepaya kaya akan vitamin A, vitamin K, beta karoten, serta kalsium. Buah ini juga memiliki kadar asam yang rendah sehingga tetap aman untuk dikonsumsi. Ditambah lagi, pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain. Enzim ini bisa mengubah protein pada makanan menjadi molekul kecil yang lebih mudah untuk dicerna di dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. 

4. Semangka

Semangka menjadi buah selanjutnya yang dapat menetralkan asam di dalam perut. Banyaknya kandungan air yang terdapat dalam semangka juga membuat buah ini dapat melancarkan pencernaan dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Begitu pula dengan kandungan di dalamnya yang memuat antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino sehingga sangat bermanfaat untuk tubuh.

5. Apel

Apel mengandung beragam vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B-16, dan vitamin B-12. Selain itu, apel juga memiliki kandungan berupa kalsium, zat besi, dan magnesium sehingga bisa mempertahankan saluran pencernaan untuk tetap terjaga dengan baik. Apel juga bisa meredakan asam lambung dan dapat menenangkan perut.

Kelima buah tersebut bisa dikonsumsi bagi penderita asam lambung tanpa harus merasa takut akan gejala asam lambung yang akan kambuh. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan memperhatikan dengan baik makanan yang akan kamu makan, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading