Sukses

Health

Tips Memilih Kutek yang Tepat agar Kesehatan Kuku Tetap Terjaga

Fimela.com, Jakarta Merawat kesehatan tubuh merupakan salah satu tindakan yang sangat penting untuk dilakukan. Bahkan bagian tubu yang kecil juga harus di perhatikan kesehatannya. Salah satunya adalah kuku.

Kuku merupakan bagian dari tubuh yang memiliki struktur menyerupai seperti lempeng, keratin, dan tembus akan cahaya. Dimana kuku ini terdiri dari sel-sel epitel yang terspesialisasi. Kuku sendiri tumbuh dari dalam dermis kulit. Dilansir oleh britannica.com, pembentukan kuku terjadi karena sel-sel khusus yang membentu lempeng. Lempengan kuku ini melekat pada bagian jari yang mengandung banyak sekali nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan kuku.

Sayangnya asupan nutrisi pada kuku, tidak bisa didapatkan semua orang secara merata. Ada beberapa orang yang tidak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga menyebabkan kuku mereka rapuh dan mudah rusak. Maka akan sangat mudah patah jika terkena benturan atau dorongan. 

Maka dari itu, Sahabat FIMELA yang merasa kukunya mudah patah, berikut adalah tindakan berdasarkan Nailpolishdirect.co.uk yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kuku kamu agar bisa sekuat besi.

 

 

Cara merawat kuku agar tetap kuat

Konsumsi suplemen yang mengandung Biotin

Bukan hanya dapat menjaga kesehatan rambut, mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung biotin juga akan memberikan kekuatan tambahan khususnya dalam pertumbuhan kuku.

Biotin sendiri mengandung Vitamim B (juga mengandung Vitamin H dan B-7) dimana kandungan ini dapat di temukan dalam makanan, seperti kacang polong, lentil, polong-polongan, telur, dan sarden. Dimana makanan ini dapat membantu kinerja dari sistem saraf.

Biotin dikenal sebagai kandungan yang mudah larut dalam air sehingga, tubuh tidak bisa menyimpan kasihatnya dalam jangka waktu yang lama. Dilansir oleh Nailpolishdirect.co.uk, disarankan untuk mencukupi kandungan biotin yang cukup untuk membantu meningkatkan ketahanan kuku dan rambut.

Berhentilah sejenak dari kutek

Pada dasarnya kutek tidak dapat merusak kuku, terutama kutek yang memiliki kandungan yang bagus. Akan tetapi, seperti manusia, kuku butuh istirahat sejenak dari kutek, hal ini dilakukan agar kuku alami kamu bisa bernapas.

Setidaknya istirahatkan kuku kamu setidaknya selama 1 sampai 2 minggu sebelum manicure selanjutnya. Usahakan untuk tidak menggunakan penghapus kutek yang mengandung aseton.

Kenakan sarung tangan saat membersihkan atau berkebun

Semua orang yang berkeluarga atau pun tidak berkeluarga pasti memiliki jatahnya sendiri dalam membersihkan tempat tinggalnya. Saat mengerjakan pekerjaan rumah disarankan untuk mengenakan sarung tangan untuk melindungi kuku dari berbagai macam kotoran dan zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan dan ketahanan kuku. Bukan hanya itu, dengan menggunakan sarung tangan, kulit ditangan juga akan terlindungi. Khususnya menghindari kulit untuk mudah kering.

 

 

Lakukan langkah tambahan

Jaga kuku kamu agar tetap rapi

Kuku terlihat rapih dan bersih itu terlihat sangat nyaman untuk di tatap. Bukan hanya enak dilihat menjaga kerapian kuku juga dapat menjaga kesehatan kuku. Terutama dalam menghindari kuku dari resiko tersangkut atau patah dalam kejadian yang tidak terduga.

Saat mengikir kuku asli, disarankan untuk selalu menggunakan alat kikir kuku dengan ukuran 180 sampai 240 grit, pemilihan alat kikir ini digunakan untuk mencegah penambahan kelemahan pada kuku. Kemudian, buff bagian kuku yang menonjol atau tidak rapi, kikislah sampai hasil akhir terlihat berkilau dan alami.

Selalu jaga kelembapan cuticles dengan minyak khusus cuticles

Bukan hanya wajah yang perlu untuk dijaga kelembapannya, kuku juga perlu dijaga kelembapannya dengan menggunakan minyak pelembab khusus kuku. Hal ini dilakukan agar kuku terhindar dari resiko retak, pecah, dan menjadi sakit. Melembabkan kuku perlu untuk dilakukan setiap hari guna menjaga cuticles agar selalu dalam kondisi yang terbaik.

Keep it simple

Dilansir oleh Nailpolishdirect.co.uk, untuk mejaga kuku kamu agar bisa terlihat sehat dan kuat disarankan untuk tidak memili pilihan manikur yang ribet. Bahkan mereka sarankan untuk keep it simple khususnya dalam pilihan manicure karena keserhanaan adalah kunci dari kuku yang sehat. 

Jika kamu mengincar bentuk kuku tertentu, ingat lah untuk selalu mengikirnya dengan arah yang sama, hal ini dilakukan agar kuku kamu dapat tetap kuat dan tidak mudah rapuh meskipun telah dibentuk. Jika bisa tahanlah keinginan kamu unduk membentuk kuku. Karena hal ini adalah penyebab dari kuku yang mudah patah. Untuk hasil yang terbaik kikirlah kuku kamu dengan model yang natural dan sesuai dengan bentuk asli dari kuku.

 

Ingridience yang harus tidak boleh digunakan

Dalam beberapa dekade terakhir, banyak sekali industri yang bergerak di bidang kutek telah sepenuhnya mengubah bahan baku dari pembuatan kutek menjadi cat kuku yang sehat dan tidak beracun. Istilah non-toxin sudah menjadi istilah yang populer khususnya dibidang industri kosmetik.

Akhir-akhir ini juga banyak sekali barnd, banyak sekali diantara brand-brand ini melakukan kerja sama dengan brand-brand kutek lainnya dengan cara menghilangkan beberapa bahan-bahan yang memiliki potensi yang berbahaya untuk kuku. 

Meskipun brand-brand kutek sehat ini banyak atau mudah di temukan diluarnegri, akan tetapi di Indonesia sendiri keberadaan kutek non-toxin masih susah untuk di temukan di Indonesia. Maka dari itu Nailpolishdirect.co.uk, menyarankan untuk menghindari kutek yang memiliki bahan dasar sebagai berikut.

  1. Formaldehyde, 
  2. Toluene, 
  3. Dibutyl phthalate,
  4. Formaldehyde resin, 
  5. Camphor, 
  6. Ethyl tosylamide, 
  7. Xylene, 
  8. TPHP.

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading