Sukses

Health

Selain Air Putih, 5 Minuman Ini Dapat Membantu Meredakan Nyeri Haid

Fimela.com, Jakarta Penah gak sih Sahabat Fimela mendapatkan saran entah dari teman atau pacar untuk meminum banyak air putih saat nyeri haid kambuh? Nah, sebenarnya tidak ada salahnya untuk mengonsumsi air putih ketika kamu sedang haid. Dilansir dari situs health partners, minum air putih dapat mengurangi kembung dan meringankan rasa sakit yang muncul saat haid. Lebih lanjut, air putih juga dapat mengurangi rasa lelah, membuat tubuh tetap terhidrasi, dan mendukung sistem sirkulasi darah. 

Rasa nyeri pada fase menstruasi tentunya bisa membuat kamu merasa tidak nyaman untuk menjalani hari. Rasa nyeri ini bisa ditandai dengan kram pada perut bagian bawah sehingga membuat rutinitas menjadi semakin terganggu. Setiap orang bisa merasakan nyeri haid pada waktu yang berbeda-beda, dimulai dari menjelang masa menstruasi, saat menstruasi, atau pun setelah fase itu telah berakhir. 

Mengutip dari Mayo Clinic, penyebab dari rasa nyeri haid yaitu karena adanya zat hormon alami yang disebut sebagai prostaglandin. Hormon ini dapat memicu konstraksi dan peradangan pada otot rahim. Pastinya, kondisi tersebut bisa menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan. Oleh sebab itu, diperlukan beberapa cara untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, seperti menggunakan penghangat untuk bagian perut, istirahat yang cukup, dan minum minuman yang dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks.

Bukan hanya air putih, minuman di bawah ini melainkan juga bisa menjadi alternatif untuk dicoba ketika kamu sedang merasakan nyeri akibat menstruasi: 

1. Minuman Berbahan Dasar Jahe

Minuman herbal berbahan dasar jahe sangat cocok untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Jahe sudah begitu terkenal akan khasiatnya, terutama untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya kram menstruasi. Tidak hanya sensasi hangat yang bisa kamu rasakan saat mengonsumsinya, jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan kram dan rasa sakit. Ditambah lagi, jahe juga dapat membantu untuk mengurangi kembung. Bahkan, dilansir dari healthline, beberapa studi penelitian menunjukkan bahwa kandungan pada jahe sama efektifnya dengan obat novafen, yaitu kombinasi dari ibuprofen, asetaminofen, dan kafein yang bisa mengurangi nyeri haid. 

Rempah-rempah yang satu ini bisa diolah dengan berbagai cara sesuai selera. Cara yang paling sederhana yaitu dengan memasukkan irisan jahe yang telah dikupas ke dalam rebusan air panas. Kemudian, kamu juga bisa mencoba untuk mencampurkan perasaan lemon. Tambahkan madu jika kamu ingin rasa yang lebih manis. Sajikan ketika masih hangat agar lebih nikmat. 

2. Cokelat Panas

Cokelat juga memiliki kandungan nutrisi yang beragam, terutama cokelat hitam. Bubuk kakao yang masih murni akan mengandung antioksidan tinggi yang menyimpan banyak manfaat. Menurut Medical News Today, antioksidan di dalam coklat hitam diantaranya yaitu flavanol dan polifenol. Antioksidan ini dapat menetralkan radikal bebas, meningkatkan ketenangan, dan memperbaiki suasana hati. Konsumsi cokelat panas dapat meningkatkan hormon serotonin sehingga dapat mengurangi stres yang berlebihan. 

Sejumlah zat seperti magnesium, kalium, dan zat besi yang ada di dalam cokelat juga bisa membantu dalam mengatur aliran darah, mengubah kadar hormon, dan mengurangi rasa sakit. Selain bisa ditemukan di beberapa toko, cokelat panas juga bisa dibuat sesuai dengan versimu sendiri. Kamu bisa mencampurkan coklat leleh atau bubuk kakao murni dengan sedikit vanili, garam, dan susu. 

3. Minuman Kunyit Asam

Minuman kunyit dapat dicampurkan dengan bahan lainnya, yaitu asam jawa. Kombinasi dari kedua bahan ini mengandung kurkumin dan antosianin yang dapat meredakan nyeri dan rasa sakit karena peradangan. Tanaman herbal ini tinggi akan antioksidan yang kuat dan senyawa anti-inflamasi.

Ramuan herbal dari kunyit dan asam jawa dapat dibuat dengan mudah melalui beberapa cara, yaitu dengan memotong kunyit menjadi beberapa irisan, kemudian blender hingga menjadi halus. Selanjutnya, bubuk kunyit akan direbus dengan air panas. Terakhir, masukkan asam jawa dan biarkan hingga larut pada campuran kunyit.

Jika ingin mencoba rasa yang berbeda, maka bubuk kunyit juga dapat dicampurkan dengan susu sesuai dengan selera. Pada dasarnya, kedua bahan ini dapat dijadikan sebagai minuman hangat dengan bahan penambah rasa lainnya, seperti gula merah, sirih, perasan jeruk nipis dan madu. Tinggal disesuaikan saja dengan keinginan dan kebutuhanmu. 

4. Teh Chamomile

Teh chamomile dapat meredakan nyeri haid karena adanya kandungan glisin yang bisa ditemukan di dalam teh bunga ini. Senyawa tersebut diketahui dapat membantu mengurangi kejang otot sehingga otot rahim akan lebih rileks dan terhindar dari kram.

Teh ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit pada perut bagian bawah. Dengan meminum teh chamomile, kamu juga bisa merasakan ketenangan sehingga bisa memperbaiki mood yang mudah berubah saat menstruasi. Efek penenang tersebut berasal dari kandungan bunga chamomile yang dapat bekerja langsung pada sistem saraf. 

5. Jus Buah

Buah-buahan mengandung beragam vitamin dan mineral dengan segudang manfaat, salah satunya untuk mengobati nyeri haid. Beberapa pilihan buah tersebut, diantaranya nanas, pepaya, dan jeruk. Nanas memiliki enzim bromelain yang dapat mengurangi rasa sakit dan membantu mengendurkan otot selama konstraksi menstruasi. Antioksidan di dalam nanas juga berperan dalam mengurangi peradangan karena rasa sakit tersebut. Dengan mengonsumsi jus nanas, maka kamu juga akan mendapatkan sejumlah mineral dan vitamin, seperti vitamin B, C, dan magnesium yang baik untuk tubuh. 

Terkenal dengan vitamin C yang ada di dalamnya membuat jeruk dapat dijadikan sebagai opsi lainnya untuk meringankan konstraksi dan kram saat haid. Vitamin ini juga memainkan peran penting bagi tubuh untuk menyerap zat besi yang hilang saat pendarahan serviks. Jeruk juga mengandung antioksidan, magnesium, dan kalium sehingga dapat mengatasi masalah kesehatan saat menstruasi. 

Jika ingin mencoba buah lainnya, kamu bisa memilih buah pepaya untuk diolah menjadi jus. Buah ini mengandung vitamin, antioksidan, dan mineral sehingga bisa meminimalisir rasa sakit dan membantu periode menstruasi yang tidak teratur. 

Setelah mengetahui kelima jenis minuman di atas, Sahabat Fimela bisa mencoba secara langsung untuk membuat sendiri di rumah atau membelinya di toko dan supermarket terdekat. Minuman tersebut tidak hanya dapat diminum sebagai obat pereda nyeri saja, tetapi juga sebagai minuman bernutrisi yang menyehatkan untuk tubuh. Selamat mencoba!

 

Penulis : Syifa Azzahra

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading