Sukses

Health

5 Manfaat Bunga Telang untuk Tubuh

Fimela.com, Jakarta Clitoria Ternatea atau lebih dikenal dengan bunga telang adalah tanaman merambat yang mempunyai bunga berwarna cerah. Tanaman ini merupakan tanaman asli Asia. Tanaman ini sebenarnya merupakan bagian dari keluarga kacang polong yang bisa dimakan seperti tanaman kacang polong lainnya. 

Bunga ini biasanya dibuat menjadi teh herbal. Selain itu, bunga telang juga dikenal dengan khasiatnya sebagai obat serta kaya akan antioksidan. Bunga telang telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan yang potensial. Dilansir dari healthline dan sipsby (6/9) ini 5 manfaat bunga telang untuk tubuh. Apa saja?

Menstabilkan gula darah

Bunga telang membantu mendukung metabolisme yang sehat dengan meningkatkan kadar gula darah yang sehat. Minuman bunga telang ini juga dapat meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan kadar gula darah dan insulin, terlepas dari kadar gula dalam minuman tersebut.  

Meningkatkan kekuatan otak

Butterfly pea atau bunga telang dapat membantu daya ingat dan meningkatkan kejernihan mental. Kacang dalam bunga telang ini menunjukan aktivitas nootropik yang berarti dapat mendukung daya ingat yang lebih baik dan meningkatkan kinerja kognitif seseorang. 

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Bunga telang dapat meningkatkan kesehatan rambut, banyak perusahaan kosmetik dan kecantikan menjual produk penumbuh rambut yang mengandung bunga telang sebagai bahan utamanya. The kacang kupu-kupu ini mengandung antosianin yang merupakan jenis flavonoid yang bertanggung jawab atas pewarnaan biru. Antosianin meningkatkan aliran darah lebih baik di kulit kepala dan memperkuat folikel rambut, membantu rambut kamu menjadi lebih tebal dan kuat.

Menurunkan berat badan

Bunga telang dapat membantu upaya penurunan berat badan. ekstrak bunga kacang yang ada dalam tanaman ini dapat memperlambat pembentukan sel-sel lemak dengan mengatur jalan tertentu yang terlibat dalam perkembangan sel. Ternatin yang ditemukan dalam tanaman ini juga dapat memblokir sintesis sel-sel lemak dalam tubuh kamu.

Mendukung kesehatan kulit

Bunga telang dapat menonjolkan kecantikan alami kamu. Bunga kacang kupu-kupu ini dapat membantu mengembalikan kilau pada kulit. Ekstrak bunga telang dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 70%. Ekstrak bunga telang juga mendukung kulit melawat kolagenase dan bahkan merangsang produksi kolagen. Kolagenase adalah bagian normal dari kesehatan kulit, tetapi enzim ini dapat dirangsang secara berlebihan oleh radiasi UV dan stres oksidatif.

Sahabat Fimela, demikian 5 manfaat bunga telang untuk tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading