Sukses

Health

4 Alasan Ibu Hamil Lebih Cepat Lapar Menurut Penelitian

Fimela.com, Jakarta Saat seorang perempuan hamil, banyak perubahan fisik dan hormon yang terjadi dalam tubuhnya. Salah satu perubahan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah peningkatan nafsu makan. Umumnya, ibu hamil lebih cepat dan mudah merasa lapar. Ibu hamil juga rentan mengalami perubahan suasana hati selama kehamilannya. 

Mengutip dari laman parents.com, perubahan yang terjadi pada ibu hamil tentu bukan tanpa alasan. Ada beberapa alasan kuat mengapa ibu hamil banyak mengalami perubahan. Termasuk perubahan peningkatkan nafsu makan. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai peningkatan nfafsu makan selama hamil. Yuk, simak baik-baik.

Perubahan Hormon

Salah satu faktor utama yang menyebabkan ibu hamil lebih cepat lapar adalah perubahan hormon dalam tubuhnya. Selama kehamilan, produksi hormon-hormon seperti estrogen dan progesteron meningkat secara signifikan. Hormon-hormon ini memiliki dampak langsung pada keinginan untuk makan pun suasana hati seseorang. 

Adapun hormon yang berubah antaranya yakni estrogen. Estrogen bisa memengaruhi otak untuk melepaskan hormon lapar yang disebut ghrelin. Ini meningkatkan nafsu makan. Selanjutnya ada hormon progesteron. Ini bisa memperlambat pencernaan dan membuat lambung lebih cepat kosong. Ini yang kemudian meningkatkan nafsu makan atau keinginan untuk mengisi perut dengan makanan. 

Kebutuhan Gizi yang Lebih Tinggi Selama Hamil

Selama kehamilan, tubuh ibu hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi demi mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin di kandungannya. Sebagai hasilnya, ibu hamil merasa lapar lebih sering sebagai respons terhadap peningkatan kebutuhan kalori dan nutrisi. Makanan yang dikonsumsi harus mencukupi kebutuhan ibu hamil dan juga memberikan nutrisi cukup setiap harinya.

Perubahan Fisiologis dalam Tubuh

Selain perubahan hormonal, ada juga perubahan fisiologis dalam tubuh ibu hamil yang bisa mempengaruhi nafsu makannya. Peningkatan volume darah, pertumbuhan rahim yang membebani perut, dan perubahan tekanan darah akant menyebabkan perut lebih cepat kosong. Keadaan ini kemudian memicu rasa lapar lebih cepat, sering dan mudah.

Perubahan Persepsi Rasa

Dikutip dari laman americanpregnancy.org, selama kehamilan perubahan hormon akan memengaruhi persepsi ibu hamil terhadap rasa makanan. Beberapa ibu hamil melaporkan bahwa makanan yang biasanya tidak mereka sukai menjadi lebih menarik. Atau sebaliknya, beberapa makanan favorit mereka bisa menjadi kurang menarik. Perubahan dalam persepsi rasa ini kemudian berpengaruh pada nafsu makan. Ini rentan membuat ibu hamil lebih cepat lapar dan ingin mengonsumsi makanan tertentu. 

Sahabat Fimela, itulah sekian alasan mengenai kenapa nafsu makan ibu hamil meningkat. Penting untuk diingat bahwa setiap kehamilan itu unik. Pengalaman mengenai nafsu makan pun bisa sangat bervariasi antara individu. Semoga informasi ini bermanfaat dan agar kehamilan yang dijalani senantiasa optimal pun terjaga, jangan pernah segan untuk mengonsultasikan kehamilan pada dokter ahlinya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading