Sukses

Health

Rahasia Jaga Kesehatan Tubuh Secara Alami, Kombinasi Kunyit dan Lada Hitam Bisa Jadi Andalan

Fimela.com, Jakarta Di tengah berbagai kesibukan sehari-hari, menjaga kesehatan tubuh jadi hal penting supaya bisa melakukan berbagai aktivitas dengan optimal. Sayangnya, dengan banyaknya jadwal padat yang harus dijalani sehari-hari, nggak jarang nih bikin jadi sering telat makan yang memicu asam lambung meningkat. Kalau dibiarkan, nggak hanya berisiko maag saja, tapi juga GERD yang jadi salah satu penyakit yang banyak diidap kaum urban. 

Supaya bisa terus menjalani berbagai aktivitas dengan maksimal, saatnya mulai memperhatikan kondisi tubuh terutama lambung. Nah, tahukah kamu kalau ada kombinasi 2 bahan alami yang ternyata sangat baik untuk meningkatkan kesehatan lambung? Apa itu? 

Kunyit, Rahasia Tubuh Sehat ala Masyarakat Jepang dari Generasi ke Generasi

Sebagai masyarakat Indonesia, mungkin sudah nggak asing lagi dengan kunyit kan? Bahan herbal yang satu ini biasa sebagai bumbu maupun jamu. Namun, tahu nggak sih kalau kunyit ternyata sudah jadi bagian dari rahasia tubuh sehat ala masyarakat Jepang dari generasi ke generasi? 

Ukon atau kunyit ternyata sudah jadi bahan herbal yang rutin dikonsumsi masyarakat Jepang selama puluhan tahun. Biasanya bahan ini tersaji dalam masakan seperti kari ala Jepang, bahkan banyak minuman berenergi yang juga terbuat dari ukon alias kunyit yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan lambung. 

Jika diulik lebih jauh, ukon atau kunyit memiliki kandungan kurkumin, senyawa pemberi warna kuning pada kunyit yang ternyata menyimpan banyak manfaat. Bahan ini berperan sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antikanker. Bahkan, senyawa tersebut juga diketahui bisa meredakan gejala asam lambung dengan mengurangi jumlah dan keasaman cairan di lambung.

Lebih jauh lagi, kehadiran antioksidan polifenol di dalam kunyit juga berperan buat mencegah peradangan pada kerongkongan. Hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya asam lambung serta mengatasi gastritis, yaitu penyakit yang disebabkan luka pada lambung dengan gejala mual dan muntah.

Nggak cuma itu saja, zat kurkumin di dalam kunyit juga memiliki peran untuk meningkatkan imunitas, mengurangi produksi asam lambung dan melindungi mukosa lambung agar tidak mudah iritasi, dan tentunya menjaga kesehatan lambung dan liver.

Lada Hitam Mendukung Kesehatan Pencernaan

Lada hitam atau blackpepper mungkin selama ini lebih dikenal sebagai penyedap masakan yang memberikan sensasi pedas dan hangat. Namun, lebih jauh dari itu, lada hitam sebenarnya sudah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Salah satunya adalah yang berhubungan dengan pencernaan. 

Bahan herbal yang satu ini kaya kandungan vitamin B, folat, vitamin E, zinc dan berbagai jenis antioksidan seperti likopen, lutein, polifenol dan flavonoid. Nggak hanya itu, bahan ini juga mengandung zat antibakteri, antiradang dan antikanker. 

Nah, berbagai kandungan antioksidan yang ada di dalamnya ternyata dapat bermanfaat untuk melindungi saluran cerna sekaligus menjaga kesehatan pencernaan. Berbekal kandungan antibakteri, lada hitam juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang mengatasi diare. 

Dalam menjaga kesehatan pencernaan, lada hitam juga diketahui punya peranan dalam melemaskan dinding otot di usus. Jadi, bisa membantu mengatasi rasa nyeri perut dan perut kembung yang disebabkan penumpukan gas pada usus. Sementara itu, di bagian lambung, lada hitam juga membantu merangsang pembentukan asam lambung yang sebenarnya punya peranan penting dalam tahapan proses mencerna makanan.

Wah, ternyata menjaga kesehatan lambung bisa dilakukan dengan mudah berbekal kombinasi 2 bahan alami tersebut, Sahabat Fimela. Tertarik mencoba khasiat kunyit dan lada hitam untuk kesehatan lambungmu? 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading