Sukses

Health

5 Manfaat Brokoli untuk Menjaga Kesehatan Jantung dan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Brokoli adalah sayuran hijau yang memiliki penampilan yang khas dengan kepala bunga yang rapat. Brokoli merupakan salah satu makanan yang telah lama dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat utama brokoli adalah untuk membantu menjaga kolesterol dan mendukung kesehatan jantung.

Brokoli mengandung protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Sayuran ini memiliki kalori yang sangat rendah. Sehingga baik dikonsumsi pemilik kolesterol.

Brokoli bisa dimasak menjadi makanan yang sangat lezat. Cara membuat masakan berbahan dasar brokoli sangatlah mudah. Yuk, intip apa saja manfaat brokoli dan cari tahu resepnya dalam artikel berikut ini:

Manfaat Brokoli

1. Mengandung Serat Tinggi

Brokoli adalah sumber serat yang kaya, terutama serat larut dalam air yang dikenal sebagai pektin. Serat membantu mengikat kolesterol berlebih dalam tubuh dan mempromosikan ekskresi kolesterol melalui feses. Sehingga mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

2. Kaya akan Sterol Tumbuhan

Brokoli mengandung senyawa yang disebut sterol tumbuhan, seperti sitosterol. Sterol tumbuhan memiliki struktur mirip dengan kolesterol dan dapat membantu menurunkan penyerapan kolesterol jahat dari makanan dalam usus.

3. Antioksidan yang Kuat

Brokoli juga mengandung antioksidan yang kuat, seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Antioksidan ini melindungi sel-sel dalam arteri dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan dan penumpukan plak aterosklerosis.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam brokoli membantu mengatur tekanan darah. Konsumsi yang teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

5. Melawan Peradangan

Brokoli mengandung senyawa antiinflamasi, seperti sulforaphane, yang dapat mengurangi peradangan dalam arteri dan jantung. Peradangan kronis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, jadi mengonsumsi brokoli dapat membantu melindungi jantung.

Sup Krim Brokoli

Bahan-bahan:

  • 4 cangkir brokoli segar, potong-potong
  • 1 bawang bombay, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 cangkir kaldu sayuran
  • 1 cangkir susu rendah lemak
  • 2 sendok makan mentega
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • Garam dan lada secukupnya
  • Keju parmesan parut (opsional, sebagai hiasan)

Cara Membuat:

  1. Panaskan mentega dalam panci besar di atas api sedang. Tambahkan bawang bombay dan bawang putih cincang, dan tumis hingga harum dan berwarna kecoklatan.
  2. Taburkan tepung terigu di atas bawang yang sudah ditumis dan aduk rata. Masak selama beberapa menit sampai tepung terigu kecoklatan.
  3. Tuangkan kaldu sayuran ke dalam panci, sambil terus diaduk hingga campuran menjadi kental.
  4. Masukkan brokoli yang sudah dipotong-potong ke dalam panci. Biarkan mendidih, lalu tutup panci, kecilkan api, dan biarkan mendidih perlahan sampai brokoli empuk, sekitar 15-20 menit.
  5. Gunakan blender tangan atau blender countertop untuk menghaluskan sup hingga lembut dan kental.
  6. Kembalikan sup ke dalam panci, panaskan kembali, dan tuangkan susu ke dalamnya. Aduk rata dan biarkan sup mendidih perlahan.
  7. Beri garam dan lada secukupnya sesuai dengan selera.
  8. Hidangkan sup panas dengan taburan keju parmesan parut jika diinginkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading