Sukses

Health

Mengenal Kandungan dan Manfaat Anggur Muscat yang sedang Viral

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini, anggur Muscat sedang viral dan banyak dicari orang. Banyak orang yang berbondong-bondong pergi ke tempat belanja untuk antri membeli anggur Muscat ini. Dengan rasa manis yang khas, tidak berbiji, dan teksturnya yang padat membuat anggur ini digemari banyak orang. Anggur Muscat dianggap sebagai salah satu varietas anggur tertua di dunia yang telah dikenal dan dibudidaya sejak zaman kuno.

Dilansir dari laman shukranoman.com, anggur Muscat termasuk dalam famili Vitaceae, yang mencakup lebih dari 60 spesies anggur. Saat ini, terdapat ratusan varietas dan hibrida anggur Muscat yang tersedia. Anggur Muscat dikenal karena rasa dan aromanya yang unik, yang sering digambarkan sebagai bunga, musky, dan manis seperti buah jeruk mandarin, persik, aprikot.

Anggur ini sering digunakan untuk membuat minuman manis seperti wine. Rasa anggur Muscat bervariasi berdasarkan wilayah pembuatannya, teknik pembuatan wine, dan variasi anggur Muscat yang digunakan. Anggur Muscat juga banyak digunakan pada toko-toko kue sebagai toping kue karena rasa yang manis dan berwarna hijau segar dapat mempercantik tampilan kue tersebut.

Mengenal Anggur Muscat

Anggur Muscat memiliki aroma unik yang membedakannya dengan varietas anggur lainnya. Anggur ini memiliki aroma musky yang mengingatkan dengan bunga melati, jeruk, atau kelopak mawar. Rasa anggur ini juga khas, dengan rasa manis yang diimbangi dengan sedikit rasa asam. Memiliki tekstur buah yang padat dan berair, serta kulit tipis membuat buah ini mudah dikonsumsi.

Anggur Muscat merupakan varietas anggur putih asal Yunani, terdapat di banyak domain pantai Mediterania. Anggur ini juga tumbuh di berbagai wilayah di seluruh dunia, terutama di Prancis, Italia, dan Australia. Menurut Pierre Galet seorang ahli ampelograf, terdapat sekitar 150 hingga 200 varietas Muscat.

Selain memiliki rasa yang unik serta aroma yang khas, anggur Muscat kaya akan nutrisi yang dikandungnya. Anggur Muscat dipercaya sebagai sumber vitamin C, K, dan B6 yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko berbagai penyakit. Selain itu, anggur ini juga kaya akan protein dan mineral, serta kandungan fitronutrien dan resveratrol yang bagus untuk jantung.

Manfaat Anggur Muscat

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi anggur Muscat:

Menjaga daya tahan tubuh

Anggur Muscat kaya akan antioksidan seperti resveratrol, yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif akibat paparan radikal bebas.

Meningkatkan kesehatan jantung

Anggur Muscat mengandung flavonoid yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggu pada anggur Muscat dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

Mencegah kanker

Senyawa anti kanker seperti antosianin dan ellagic acid telah terbukti terdapat dalam kandungan anggur Muscat.

 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading