Sukses

Health

Apakah Pemilik Kolesterol Boleh Makan Seafood? Simak Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Kolesterol merupakan lemak yang ditemukan dalam tubuh manusia dan juga ditemukan dalam makanan. Kolesterol dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi jika dalam jumlah yang berlebihan, dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti penyumbatan arteri dan penyakit jantung. Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi sering kali diberi peringatan untuk menghindari makanan tertentu, termasuk seafood.

Seafood bisa dikonsumsi seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, tetapi harus dikonsumsi dengan bijak. Pilih jenis seafood yang lebih rendah kandungan kolesterolnya. Hindari penggunaan mentega atau minyak goreng berlebih, saat mengolah seafood.

Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui makanan apa yang tepat untuk dikonsumsi. Lalu, jenis seafood apa yang boleh dikonsumsi pemilik kolesterol? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini:

Jenis Seafood yang Dapat Dimakan Pemilik Kolesterol

Seafood adalah sumber protein hewani yang kaya akan nutrisi penting seperti asam lemak omega-3. Namun, beberapa jenis seafood juga mengandung kolesterol, terutama kerang, udang, dan kepiting. Ini sebabnya seafood sering kali dianggap sebagai makanan yang sebaiknya dihindari oleh orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Seafood juga mengandung asam lemak omega-3, yang telah terbukti dapat membantu meningkatkan kadar HDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, seafood tidak harus dihindari sepenuhnya oleh pemilik kolesterol tinggi, tetapi perlu dikelola dengan bijak. Jika Sahabat Fimela memiliki kadar kolesterol tinggi, ada beberapa jenis seafood yang bisa dikonsumsi.

Jenis seafood yang mengandung jumlah kolesterol yang lebih rendah termasuk ikan salmon, trout, makarel, dan sarden. Ikan-ikan ini juga kaya akan asam lemak omega-3, yang baik untuk kesehatan jantung. Lebih baik membatasi asupan seafood dan memilih ikan-ikan yang lebih rendah kandungan kolesterolnya.

Cara Memasak Seafood yang Sehat

Panggang atau Rebus

Masak seafood dengan cara panggang atau rebus daripada menggorengnya. Menggoreng seafood dapat menambah jumlah lemak jenuh dalam hidangan. Karena minyak yang digunakan untuk menggoreng memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Hindari Penggunaan Mentega

Saat memasak seafood, hindari penggunaan mentega yang tinggi lemak jenuhnya. Sebaiknya, gunakan minyak zaitun atau minyak canola yang lebih sehat.

Tambahkan Bumbu

Tambahkan rempah-rempah dan bumbu alami untuk memberi rasa pada hidangan. Bumbu seperti bawang putih, merica, jahe, dan lemon dapat memberikan cita rasa yang lezat tanpa menambah kolesterol.

Kombinasikan dengan Sayuran

Sajikan seafood dengan porsi besar sayuran untuk memberikan rasa yang lebih nikmat dan meningkatkan kandungan serat dalam hidangan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading