Sukses

Health

5 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan, Bisa Membantu Masalah Usus

Fimela.com, Jakarta Ubi jalar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tak hanya membantu membuat perut kenyang. Ubi jalar ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

Ubi jalar termasuk salah satu sayuran akar manis yang bisa kita temukan dan ditanam diseluruh dunia. Ubi jalar memiliki berbagai ukuran dan warna seperti oranye, putih, dan ungu. Ubi jalar dikenal sebagai makanan yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan serat.

Tak hanya itu, ubi jalar juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh serta dapat dijadikan sebagai menu diet. Berikut manfaat dari ubi jalar bagi kesehatan tubuh.

1. Tinggi Nutrisi

Ubi jalar merupakan salah satu sumber serat, vitamin dan mineral. Terutama ubi jalar yang bewarna ungu atau oranye yang memiliki banyak antioksidan dapat melindungi tubuh serta terbebas dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat merusak DNA dapat memicu peradangan. Namun kerusakan dari radikal bebas dapat dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini. Oleh karena itu ubi jalar termasuk makanan yang akan kaya antioksidan dan baik untuk kesehatan.

2. Mengendalikan Gula Darah

Ubi jalar dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi, serat tersebut juga penting untuk mengatasi diabetes. Pada penelitian yang dilakukan tahun 2018 bahwa orang yang mengonsumsi serat memiliki risiko mengalami diabetes tipe 2 lebih rendah. Ubi jalar juga memiliki skala indeks glikemik yang tergolong rendah.

Para ahli menyarankan bagi orang dewasa yang menginjak umur lebih dari 19 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi 22.4-33.6 gram ubi jalar setiap harinya. Dengan mengonsumsi ubi jalar , dapat membantu memenuhi kebutuhan serat setiap hari serta dapat mengatasi penyakit kencing manis.

3. Membantu Kesehatan Usus

Membantu kesehatan usus, serat dan antioksidan yang terdapat di ubi jalar sangat bermanfaat bagi kesehatan usus. Ubi jalar sendiri mengandung dua serat yaitu serat tidak larut dan serat larut. Di dalam tubuh kita tidak dapat mencerna kedua jenis serat sekaligus. Akan tetapi serat yang terdapat didalam diri kita dakan tetap berada di saluran pencernaan dan dapat membrikan manfaat kesehatan terkait dengan usus. Selain itu antioksidan yang terdapat didalam ubi jalar juga dapat memberikan kesehatan usus.

Serat larut dan tidak larut memiliki penjelasan tersendiri, serat larut dikenal sebagai serat kental yang menyerap air dan melunakkan tinja. Namun serat tidak larut, merupakan serat yang tidak dapat menyerap air dan dapat menambah jumlah besar.

4. Dapat Melawan Kanker

Ubi jalar dikenal sebagai makanan yang memiliki sifat dapat melawan kanker dengan menawarkan bebagai antioksidan, yang dapat membantu melindungi kita dari berbagai jenis kanker tertentu.

Antosianin atau sekelompok dari antioksidan yang dapat ditemukan dalam ubi jalar ungu dapat memperlambat pertumbuhan jenis sel kanker tertentu lho, kemudian ubi jalar yang bewarna oranye serta kulitnya juga memiliki sifat anti kanker. Selain itu juga dapat memperlabat kandung kemis, usus besar, perut dan payudara. Namun hal ini belum dapat diketahui karena belum pernah dilakukan penelitian kepada manusia.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Dan yang terakhir jika kita mengonsumsi ubi jalar yang bewarna ungu dapat meningkatkan fungsi otak. Karena ubi jalar yang bewarna ungu memiliki kandungan anthocyanin yang dapat meningkatkan memori serta dapat menangkal radikal bebas. Namun hal penelitian belum dapat mendiskusikan mengenai ubi jalar yang dapat meningkatkan otak.

Walaupun begitu jika mengonsumsi buah-buahan, sayuran serta antioksidan  dikaitkan dengan risiko penurunan mental dan demensia 13% yang lebih rendah.

Nah, di atas adalah manfat dari ubi jalar untuk kesehatan tubuh yang baik untuk kita. Ada baiknya jika kita mengonsumsi ubi jalar karena baik untuk kesehatan tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading