Sukses

Health

8 Makanan Penyebab Migrain yang Sebaiknya Dihindari

Fimela.com, Jakarta Migrain adalah salah satu penyakit yang sering menyerang orang dewasa. Migrain biasanya hanya terasa pada satu bagian kiri atau kanan saja. Meskipun bukan penyakit kronis yang berbahaya, namun migrain dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Saat kambuh atau muncul, migrain bisa mengakibatkan rasa berdenyut yang sangat menyakitkan pada satu sisi kepala secara intens, sehingga kamu harus menghentikan segala pekerjaan yang sedang dikerjakan. Selain stres, mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung zat tertentu ternyata dapat memicu migrain.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu tahu jenis makanan apa saja yang dapat menyebabkan migrain kambuh. langkah ini adalah tindakan preventif yang tepat agar kamu dapat menghindari migrain. 

Untuk itu, berikut Fimela.com telah merangkum 8 makanan penyebab migrain yang sebaiknya dihindari. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Cokelat

Menurut American Migraine Foundation, cokelat adalah makanan pemicu migrain kedua yang paling umum setelah alkohol. Cokelat memiliki beberapa kandungan yang dilansir dapat menyebabkan migrain seperti phenylethylamine, flavonoid, tiramin dan kafein.

Sekitar 22 persen penderita migrain menyetujui bahwa cokelat dapat memicu kemunculan migrain setelah mereka mengonsumsinya. Biasanya, ketika stres atau sedang dalam masa menstruasi, konsumsi cokelat seseorang akan meningkat dan hal itu bisa memicu kemunculan migrain.

Jadi, sebaiknya kamu berpikir ulang sebelum mengonsumsi coklat. terutama jika kamu hendak mengonsumsinya dalam jumlah banyak karena itu adalah makanan favoritmu. 

2. Keju

Makanan penyebab migrain yang kedua adalah keju. Mirip dengan cokelat, keju juga mengandung tiramin yang dapat memicu terjadinya migrain atau sakit kepala sebelah pada seseorang. Terlebih apabila seseorang tersebut memang sensitif terhadap tiramin. Tiramin bisa ditemukan terbentuk dalam protein keju yang rusak dari waktu ke waktu. Kadar tiramin yang tinggi dalam keju lalu masuk ke dalam darah menuju otak, dan inilah yang akan menyebabkan terjadinya nyeri yang sangat pada kepala.

Keju yang menyebabkan migrain biasanya adalah keju yang sudah berusia tua. Maka dari itu, Anda sebaiknya menghindari mengonsumsi makan keju tua, apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit migrain.

3. Daging Olahan

Makanan penyebab migrain yang ketiga adalah daging-daging olahan. Daging olahan yang dimaksud di sini misalnya sosis, kornet atau ham. Daging olahan seperti ini biasanya mengandung nitrat dan nitrit sebagai bahan pengawet.

Dua kandungan inilah yang nantinya menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan memunculkan migrain bagi beberapa orang. Namun, tidak semua penderita migrain akan bereaksi sama setelah mengonsumsi daging olahan ini. Namun, tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati dan menjaga diri Anda.

4. Monosodium Glutamat (MSG)

Makanan penyebab migrain yang ketiga adalah makanan yang mengandung MSG. MSG atau monosodium glutamat adalah penguat rasa makanan yang banyak ditemui dan digunakan di kawasan Asia. MSG biasanya berbentuk kristal halus yang mirip dengan garam, dan bisa membuat rasa masakan menjadi lebih gurih dan enak.

MSG terbuat dari campuran sodium dan asam glutamat. MSG diketahui sebagai salah satu pemicu migrain atau sakit kepala sebelah karena asam glutamat dipercaya dapat membuat pembuluh darah menyempit lalu melebar. Penyempitan dan pelebaran pembuluh darah inilah yang nantinya membuat kepala terasa nyeri dan berujung migrain.

5. Makanan Beku

Makan makanan dan minuman beku seperti es krim dapat memicu rasa sakit menusuk yang parah di kepala. Seseorang kemungkinan besar akan mengalami sakit kepala yang menjadi serangan migrain jika makan makanan dingin dengan cepat, setelah berolahraga, atau saat kepanasan.

6. Makanan Asin

Meskipun makanan asin adalah favorit bagi banyak orang, namun kamu sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini karena makanan asin mungkin mengandung bahan pengawet berbahaya dapat memicu migrain pada beberapa orang.

Mengonsumsi natrium dalam kadar tinggi dapat meningkatkan tekanan darah sehingga menyebabkan sakit kepala atau serangan migrain. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi konsumsi makanan olahan asin. 

7. Pemanis Buatan

Berikutnya, makanan penyebab migrain lainnya yang sebaiknya kamu hindari adalah pemanis buatan. Jenis pemanis buatan tertentu bisa menyebabkan migrain. Aspartam khususnya dianggap memicu episode migrain.

Pemanis buatan biasanya ditemukan pada makanan olahan dan minuman kemasan. Jadi, jika kamu sering mengalami migrain atau memiliki risiko migrain yang tinggi, sebaiknya kurangi konsumsi pemanis buatan.

8. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi bisa mengandung histamin dan tyramine. Beberapa orang bisa sensitif terhadap senyawa ini. Makanan fermentasi bisa memicu sakit kepala atau migrain dalam kondisi tertentu. Makanan fermentasi meliputi acara, kimchi, kombucha, hingga tempe.

Ladies, itulah deretan makanan yang sebaiknya kamu hindari agar tidak memicu migrain. Jadi, mulai dari sekarang kamu harus lebih selektif dan mengontrol apa yang kamu konsumsi sehari-hari. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading