Sukses

Health

5 Penyebab Rematik dan Tanaman Herbal yang Bisa Menyembuhkannya

Fimela.com, Jakarta Rheumatoid Arthritis (RA) atau rematik adalah penyakit yang menyerang area persendian, tepatnya di bagian pergelangan tangan, jari tangan, lutut atau pergelangan kaki.

Penyakit rematik ini pada umumnya menyerang seseorang yang berusia 40tahun lebih. Tetapi karena pola hidup yang kurang sehat, maka usia muda juga bisa terkena rematik, baik perempuan maupun laki-laki.

Rematik bisa disebabkan karena berbagai macam faktor, yang jarang disadari oleh penderitanya. Penyakit rematik juga bisa disembuhkan dengan tanaman herbal, yang mudah ditemukan di sekitar rumah. Berikut penyebab rematik dan tanaman herbal yang bisa menyembuhkannya, dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Rematik

1. Faktor Keturunan

Penyebab rematik yang pertama adalah faktor keturunan. Jika ada salah satu anggota keluarga yang memiliki penyakit rematik, maka kamu berisiko mengalami penyakit rematik ini. Namun tak perlu khawatir, karena penyakit ini dapat dicegah dan diatasi dengan rutin kontrol kesehatan bersama dokter.

2. Kekurangan Kalsium

Pada umumnya penyakit rematik ini menyerang seseorang yang memasuki usia 40an atau lanjut usia. Karena saat lanjut usia, produksi kalsium di dalam tubuh berkurang, sehingga bagian persendian mengalami nyari dan karapuhan yang juga berisiko terkena osteoporosis. Kekurangan kalsium ini juga menyebabkan otot menjadi kaku, cairan tubuh berkurang, dan mengganggu sistem kerja saraf.

3. Penyakit Autoimun

Penyakit rematik juga bisa disebabkan karena penyakit autoimun. Penyakit ini disebabkan karena sistem imunitas tubuh di dalam manusia terganggu, sehingga menyerang sel-sel tubuhnya sendiri yang membuat peradangan dan nyeri yang kronis. Seorang perempuan lebih berisiko terkena penyakit ini jika dibandingkan dengan lelaki, karena di dalam tubuh perempuan terdapat hormon esterogen yang bisa menyebabkan penyakit autoimun.

4. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa menyebabkan penyakit rematik. Karena sendi-sendi yang ada di lutut dan pinggul menopang berat badan tubuh seseorang. Jika seseorang kelebihan berat badan, maka sendi-sendi tidak akan kuat dan merasa nyeri saat menopang tubuh.

5. Kebiasaan Buruk

Penyebab rematik yang terakhir adalah karena melakukan kebiasaan buruk, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, jarang berolahraga, mengonsumsi makanan berlemak, dan kurang mengonsumsi air putih. Sebaiknya hindari pola hidup yang kurang baik, untuk mencegah penyakit rematik.

Gejala Rematik

Gejala rematik sering kali ditandai dengan rasa nyeri yang menyerang area persendian, yaitu pada bagian pergelangan tangan, jari tangan, lutut atau pergelangan kaki. Rasa nyeri ini disebabkan karena terjadi pembengkakan di sendi. Kondisi ini biasanya dirasakan saat pagi hari atau bangun tidur, sehingga sendi terasa kaku dan susah digerakkan.

Penyakit rematik ini bisa berkembang dan penyebabkan nyeri di seluruh persendian, yang ditandai dengan gejala awal tubuh seseorang mengalami demam, sering lelah, lemas dan berat badan yang menurun secara drastis.

Jika tidak segera dicegah, penyakit rematik ini dapat menyebabkan pergeseran sendi, ginjal, jantung, sel saraf, pembuluh darah dan sumsum tulang. Sebaiknya segera konsultasikan pada dokter, saat area persendian terasa kaku dan nyeri.

Tanaman Herbal yang Menyembuhkan Rematik

1. Jahe

Tanaman herbal yang bisa menyembuhkan rematik adalah jahe. Jahe memiliki manfaat untuk menguatkan sistem imunitas tubuh, memiliki sifat sebagai antiinflamasi, serta mampu mengatasi dan menyembuhkan nyeri sendi atau rematik. Rutin mengonsumsi wedang jahe bisa membantu mencegah penyakit rematik ini kambuh.

2. Kunyit

Kunyit termasuk rempah-rempah atau tanaman herbal yang dapat menyembuhkan penyakit rematik. Tanaman herbal ini biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, yang bermanfaat untuk mengurang rasa nyeri dan peradangan pada area sendi akibat penyakit rematik. Kunyit juga bisa diolah menjadi minuman herbal dan bisa dikonsumsi bersama jahe.

3. Teh Hijau

Tanaman herbal yang terakhir adalah teh hijau. Teh hijau memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk bisa membantu menyembuhkan penyakit rematik. Karena daun teh hijau memiliki kandungan antioksidan, yang dipercaya bisa menguatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah terjadinya peradangan di dalam tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading