Sukses

Health

5 Faktor Penyebab Down Syndrome yang Paling Umum Beserta Pencegahannya

Fimela.com, Jakarta Down Syndrome merupakan kondisi kelainan genetik yang menyebabkan penderitanya mengalami tingkat kecerdasan rendah dan kelainan fisik yang khas. Gangguan perkembangan fisik dan mental ini dapat dialami pada siapa saja. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memperkirakan 3.000 hingga 5.000 bayi mengidap gangguan down syndrome setiap tahunnya. Umumnya, seseorang yang mengalami kondisi ini memiliki ukuran lebih besar dan bagian belakang kepala datar. Adapun penyebab gangguan ini yang sering terjadi karena keluarga memiliki penderita down syndrome.

Faktor risiko memiliki anak dengan gangguan down syndrome lebih tinggi terjadi jika perempuan hamil di usia terlalu tua atau terlalu muda. Oleh karena itu, sebaiknya hal ini diperhatikan oleh perempuan hamil agar terhindar dari kelainan genetik pada anak.

Lalu, apa saja faktor penyebab down syndrome? Simak ulasannya yang Fimela.com rangkum dari Liputan6.com. Selengkapnya di bawah ini. 

Seputar Down Syndrome, Berbeda dengan Kondisi Autisme

Dalam kehidupan sehari-hari tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa down syndrome dan autisme merupakan hal yang sama. Padahal, kedua kondisi ini sangat berbeda.

Melansir dari laman alodokter.com, down syndrome merupakan kondisi kelainan yang disebabkan oleh adanya gangguan kromosom seseorang. Pada penyandang down syndrome, seseorang mengalami kelebihan kromosom no.21 sehingga menyebabkan penyandang terlihat berbeda dari orang-orang normal.

Hampir semua penyandang down syndrome umumnya memiliki karakter wajah yang sama yakni muka khas mongoloid dengan jarak kedua mata jauh, hidung cenderung pesek, mulut lebar, perubahan pola pikir serta kecerdasan. Penderita down syndrome bisa dilihat dari karakter wajahnya sejak ia lahir atau tahun pertama usianya.

Kekhasan lain dari penyandang down syndrome adalah, ia memiliki otot yang lemah, lidah terlihat lebih besar dari mulut, jari-jari kecil an pendek sementara telapak tangan lebar, leher pendek, telinga kecil dan adanya bintik putih di bagian iris mata.

Faktor Penyebab Down Syndrome

Down syndrome merupakan kelainan fisik dan mental yang disebabkan karena faktor genetik. Biasanya, seseorang yang mengalami gangguan ini sudah memiliki gejala sejak lahir. Adapun penyebab down syndrome yang paling umum ialah sebagai berikut:

1. Faktor Genetik

Penyebab down syndrome yang paling umum ialah keturunan genetik. Seseorang yang membawa genetik ini sering disebut sebagai carrier. Seorang carrier dapat menurunkan proses kelainan tersebut tanpa menunjukkan gejala secara spesifik. Adapun risiko menurunnya down syndrome dari ibu sekitar 10 hingga 15 persen, dan ayah sekitar 3 persen.

2. Hamil di Usia yang Terlalu Tua

Salah satu penyebab down syndrome yang sering terjadi ialah masa kehamilan yang terlalu tua. Seorang wanita yang hamil di usia 30 tahun memiliki risiko 1 banding 800, sedangkan hamil di atas usia 35 tahun memiliki peluang 1 dibanding 350 untuk mengandung down syndrome.

3. Hamil saat Menopause

Menopause merupakan kondisi berakhirnya menstruasi secara alami yang dialami perempuan. Umumnya perempuan akan mengalami menopause ketika memasuki usia 45 hingga 55 tahun. Di mana wanita bisa dikatakan mengalami menopause saat tidak menstruasi lagi minimal 12 bulan.

Hamil saat menopause meningkatkan risiko bayi down syndrome karena rahim perempuan yang mendekati usia menopause memiliki kemampuan tubuh yang menurun untuk menyeleksi kecacatan pada embrio. Sehingga hal ini memiliki risiko lebih tinggi terhadap pembagian kromsom yang tidak tepat.

4. Kebiasaan Merokok saat Hamil

Merokok dapat menyebabkan gangguan kehamilan, salah satunya rentan melahirkan bayi dengan kondisi kelainan jantung dan otak. Selain itu, zat racun pada rokok juga dapat mempengaruhi pembentukan kromsom bayi sejak dalam kandungan. Oleh karena itu, bagi perempuan hamil sebaiknya tidak melakukan aktivitas merokok.

5. Kekurangan Asam Folat

Penyebab down syndrome lainnya ialah kekurangan asam folat. Perempuan hamil yang kurang asupan asam folat berisiko munculnya down syndrome pada bayi di dalam kandungan karena penurunan metabolisme tubuh dan berpengaruh terhadap pengaturan epigenetik. Sehingga bagi perempuan hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan asam folat seperti jeruk, pepaya dan alpukat.

Cara Mencegah Down Syndrome

Gangguan down syndrome bisa dialami siapa saja. Mencegah down syndrome bisa dilakukan dengan meminimalisir risikonya. Adapun cara mencegah down syndrome di antaranya sebagai berikut:

1. Melakukan Pemeriksaan Kromosom

Cara mencegah down syndrome yang pertama ialah saat awal kehamilan rutin melakukan pemeriksaan kromosom. Hal ini perlu dilakukan agar mengetahui apakah ada kromosom tambahan yang sering kali menyebabkan down syndrome. Dengan begitu, kemungkinan mengalami kelainan bisa terditeksi sejak dini.

2. Hamil di Usia yang Tepat

Salah satu faktor yang meningkatkan bayi berisiko mengalami down syndrome karena masa kehamilan tidak tepat. Perempuan yang hamil terlalu muda atau terlalu tua rentan memiliki bayi dengan kelainan down syndrome. Sehingga dengan memilih masa kehamilan yang tepat bisa mencegah terjadinya gangguan ini.

3. Mengonsumsi Asam Folat

Salah satu penyebab down syndrome karena saat masa kehamilan kekurangan asupan asam folat. Dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan asam folat dapat meminimalisir down syndrome. Beberapa buah yang memiliki kandungan asam folat di antaranya jeruk, alpukat, dan pisang.

Selain itu, ibu hamil juga disarankan para ahli untuk menerapkan hidup sehat, seperti olahraga teratur dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Aktivitas ini juga berfungsi efektif dalam mencegah gangguan down syndrome.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading