Sukses

Health

5 Buah-Buahan Penambah Darah Paling Cepat

Fimela.com, Jakarta Kekurangan darah akan mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Kepala akan pusing dan pandangan berkunang-kunang. Kondisi kurang darah tersebut biasa disebut dengan anemia. Ketika menghadapi anemia, tentunya hal yang perlu dilakukan adalah menambah darah.

Berbagai opsi dapat dilakukan untuk menambah darah, salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak kandungan nutrisi seperti zat besi untuk meningkatkan jumlah darah dalam tubuh. Melansir NDTV Food pada 7 November 2023, beberapa buah-buahan yang mudah didapatkan ini ternyata mampu untuk menambah darah dengan cepat. 

Delima

Delima merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan jumlah darah. Buah ini memiliki kandungan zat besi yang melimpah dan vitamin A, C, E. Asam askorbat yang ada dalam buah delima menyokong peningkatan kandungan zat besi dalam tubuh yang mengatur jumlah darah. 

Saat mengonsumsi buah delima, kadar hemoglobin akan bertambah. Cara mengonsumsi buah delima sebagai penambah darah dapat dibuat sebagai jus. 

Prune

Prune adalah buah plum kering. Meskipun bentuk buah ini kecil, kandungannya yang bermanfaat bagi tubuh sangat melimpah. Buah plum mengandung vitamin C dan zat besi yang dibutuhkan untuk meningkatkan hemoglobin. 

Selain itu, plum adalah sumber magnesium yang berlimpah, yang menyebabkan peningkatan dalam stimulasi sel darah merah. Magnesium juga membantu mengatur transportasi oksigen dalam tubuh.

Pisang

Pisang memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah zat besi. Pisang termasuk ke dalam buah-buahan yang kaya akan zat besi. Buah ini memicu produksi hemoglobin dalam darah. 

Selain zat besi, pisang juga merupakan sumber asam folat yang baik, yang merupakan vitamin B-kompleks yang diperlukan untuk membuat sel darah merah.

Apel

Selain pisang, apel juga memiliki begitu banyak khasiat untuk kesehatan. Apel adalah sumber zat besi yang melimpah dengan berbagai komponen ramah kesehatan lainnya yang diperlukan untuk merangsang jumlah hemoglobin sehingga dapat mengatasi anemia. 

Untuk menambah jumlah darah dalam tubuh, konsumsi setidaknya satu buah apel tanpa mengupas kulitnya setiap hari. Pastikan apel telah dicuci dengan bersih.

Jeruk

Zat besi tidak dapat diserap sepenuhnya oleh tubuh tanpa bantuan vitamin C. Oleh karena itu, mengonsumsi buah jeruk yang mengandung vitamin C akan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh lebih cepat.

Kurang Darah Sebaiknya Makan Apa?

Saat tubuh kekurangan darah, dapat mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin B12 seperti daging merah, telur, susu, dan sereal.

Jika Kurang Darah Harus Minum Apa?

Minuman seperti jus stroberi, jus jeruk, jus semangka, dan jus prune dapat menambah darah untuk mengatasi anemia.

Apakah Buah Naga Merah dapat Meningkatkan Hb?

Buah naga mengandung vitamin C dan zat besi yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan eritrosit dalam tubuh. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading