Sukses

Health

13 Manfaat Buah Naga untuk Menurunkan Kolesterol dan Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Buah naga, atau yang juga dikenal sebagai dragon fruit, adalah buah yang berasal dari tanaman kaktus. Buah ini memiliki bentuk yang unik, dengan kulitnya yang berduri dan daging buah yang berwarna merah atau putih. Selain menarik secara visual, buah naga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah ini mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan senyawa bioaktif yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah naga mengandung vitamin C dan Vitamin B kompleks seperti vitamin B1, B2, dan B3. Buah naga juga mengandung serat yang tinggi, terutama serat larut yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Buah naga sering dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalankan program diet. Bagaimana buah ini dapat membantu mengatasi masalah kolesterol? Simak penjelasannya di sini:

Manfaat Buah Naga

1. Kesehatan Jantung

Buah naga mengandung serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan ini yang membantu memelihara kesehatan pembuluh darah, dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

2. Kaya Akan Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam buah naga membantu melawan radikal bebas. Antioksidan akan membantu dalam pencegahan penyakit, dan mengurangi risiko kanker.

3. Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah naga membantu sistem pencernaan dengan meningkatkan gerakan usus. Buah naga dapat mencegah sembelit, dan memelihara kesehatan saluran pencernaan.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Buah naga memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya konsumsinya tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam, yang sangat berguna bagi penderita diabetes.

5. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah naga membantu menjaga kesehatan mata. Buah naga akan mencegah masalah penglihatan, dan mempertahankan penglihatan yang baik.

6. Menyediakan Vitamin dan Mineral

Buah naga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, B kompleks, zat besi, kalsium, magnesium, dan fosfor. Kandungan ini sangat diperlukan tubuh untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak.

7. Menyehatkan Kulit

Kandungan antioksidan dalam buah naga membantu dalam menjaga kelembapan kulit, mengurangi penuaan dini, dan mencegah kerusakan sel-sel kulit. Konsumsilah buah naga secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Manfaat Buah Naga

8. Pemulihan Setelah Latihan

Apakah Sahabat Fimela rutin berolahraga atau latihan fisik? Kandungan elektrolit dalam buah naga membantu menghidrasi tubuh, memulihkan keseimbangan elektrolit, dan membantu pemulihan setelah latihan fisik.

9. Berkontribusi pada Penurunan Berat Badan

Dengan kandungan serat dan rendah kalori, buah naga dapat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama dan mendukung program penurunan berat badan. Sehingga buah naga sangat aman dikonsumsi penderita diet.

10. Antiinflamasi Alami

Betasianin, pigmen alami dalam buah naga, memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Buah naga akan sangat cepat menyembuhkan luka.

11. Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor dalam buah naga membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang sehat. Rutin mengonsumsi buah naga akan terhindar dari osteoporosis.

12. Manfaat bagi Kehamilan

Kandungan asam folat dalam buah naga merupakan nutrisi penting untuk ibu hamil, membantu dalam perkembangan janin yang sehat. Konsultasikan dengan dokter mengenai anjuran mengonsumsi buah naga yang aman untuk kehamilan.

13. Mendukung Kesehatan Mental

Kandungan magnesium dalam buah naga dapat membantu dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi kecemasan. Buah naga juga bisa membantu memperbaiki suasana hati dan menjaga kualitas tidur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading