Sukses

Health

Apakah Pijat Bisa Menurunkan Kolesterol? Cek Penjelasan Lengkapnya

Fimela.com, Jakarta Kolesterol merupakan lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga dapat ditemukan dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Secara umum, kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol menjadi masalah kesehatan ketika kadar LDL di dalam tubuh meningkat, karena hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Salah satu mitos seputar kolesterol adalah bahwa dipijat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Namun, pada kenyataannya, pijat tidak memiliki efek langsung dalam menurunkan kadar kolesterol. Pijatan bukanlah cara yang efektif untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi. Teknik pijatan lebih berfokus pada merangsang titik-titik energi di tubuh untuk memperbaiki aliran darah dan energi.

Meskipun teknik-teknik ini dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi stres, namun tidak terbukti secara langsung mengurangi kadar kolesterol. Untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk melakukan gaya hidup sehat. Meskipun pijat tidak dapat langsung menurunkan kadar kolesterol, berbagai studi menunjukkan bahwa pijatan dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Beberapa titik pijat refleksi kolesterol di kaki yang biasanya dipijat adalah sebagai berikut:

Titik Pijat Refleksi Kolesterol

1. Titik refleksi jantung: Terletak di bagian tengah-tengah telapak kaki. Pemijatan pada titik ini diyakini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke jantung dan mengurangi kadar kolesterol.

2. Titik refleksi hati: Terletak di pangkal jari kaki yang berdekatan dengan jari kelingking. Pemijatan pada titik ini diyakini dapat membantu membuang toksin dari hati dan mengurangi produksi kolesterol.

3. Titik refleksi ginjal: Terletak di bagian tengah-tengah bagian dalam telapak kaki. Pemijatan pada titik ini diyakini dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal dalam mengeliminasi kolesterol yang tidak diinginkan.

Pijat untuk Kolesterol

Meski pijatan refleksi dapat memberikan efek relaksasi dan meningkatkan sirkulasi darah, belum ada bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung klaim bahwa pijatan refleksi dapat secara efektif mengurangi kadar kolesterol. Pada dasarnya, penanganan kolesterol tinggi sebaiknya dilakukan dengan konsultasi dokter dan mengikuti panduan pengobatan yang tepat. Penting untuk diingat bahwa pijatan refleksi tidak dapat menggantikan pengobatan medis yang direkomendasikan oleh dokter.

Jika Sahabat Fimela memiliki masalah kesehatan terkait kolesterol, sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang berkualifikasi untuk memperoleh penanganan yang sesuai. Lakuka juga gaja hidup mulai dari sekarang. Contohnya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan olahraga.

Dalam kesimpulan, pijatan refleksi kolesterol biasanya dilakukan di kaki. Pijatan ini adalah metode alternatif yang diyakini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Namun, hal ini belum didukung oleh bukti ilmiah yang kuat. Tak ada salahnya jika tetap ingin melakukan pemijatan pada titik tertentu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading