Sukses

Health

8 Rutinitas Malam yang Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Ini bahkan bisa meningkatkan risiko kematian dini bagi beberapa orang.  Penting diketahui jika menjaga kolesterol dalam batas normal adalah bagian utama dari menjaga kesehatan jantung yang optimal. Tak hanya kesehatan jantung, ini juga terkait dengan kesehatan organ tubuh secara keseluruhan. 

Rutinitas malam yang sehat, dipercaya bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Ini juga bisa meningkatkan kesehatan fisik pun psikis seseorang. Mengutip dari laman healthline.com, beberapa rutinitas di malam hari yang dilakukan secara konsisten juga berpotensi besar bikin awet muda serta panjang usia. Kira-kira, rutinitas malam seperti apa yang begitu menyehatkan tersebut? Mari simak yang di bawah ini.

Pilihan Makan Malam Sehat

Rutinitas pertama adalah pilih makan malam yang sehat. Pastikan untuk menghindari makan makanan berlemak tinggi atau makanan yang mengandung kolesterol jenuh saat makan malam. Sebaiknya, pilih makanan yang kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan protein rendah lemak seperti ikan sebagai menu makan malam. 

Hindari Makan Malam Terlalu Larut

Upayakan makan malam 2-3 jam sebelum tidur. Memberi waktu pencernaan untuk bekerja sebelum tidur bisa membantu mengurangi masalah pencernaan dan kolesterol. Makan malam terbaik bisa dilakukan sebelum jam 19.00. Atau akan lebih baik jika kamu makan malam sebelum jam 18.00. 

Perhatikan Ukuran Porsi Makan

Usahakan untuk mengontrol porsi makan malammu. Hindari makan berlebihan di malam hari. Fokus pada porsi yang seimbang, yang mencakup protein sehat, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks. Selain bantu turunkan kolesterol tinggi, menjaga porsi makan juga erat kaitannya dengan keberhasilan program diet yang sedang dijalankan.

Lakukan Aktivitas Fisik Ringan

Lakukan aktivitas ringan sebelum tidur seperti jalan-jalan singkat atau stretching. Ini membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik. Kamu juga bisa melakukan yoga atau sedikit peregangan agar otot tubuh makin rileks. Kamu pun berpotensi dapatkan tidur lebih nyaman.

Relaksasi dan Manajemen Stres yang Baik

Praktikkan teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga. Stres kronis bisa mempengaruhi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi, sangat penting untuk mengelola stres dengan baik dan lebih bijaksana. Stres adalah kondisi di mana bisa meningkatkan kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh meski kamu sudah makan sedikit setiap harinya. 

Minum Teh atau Infus Herbal

Minum teh hijau atau infus herbal sebelum tidur, dipercaya bisa membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Ini juga bermanfaat menjaga berat badan ideal tubuh. 

Stop Konsumsi Minuman Beralkohol

Batasi atau hindari alkohol terlalu banyak. Bila perlu hentikan hal ini. Konsumsi minuman beralkohol bisa meningkatkan trigliserida dan tekanan darah. Ini juga bisa meningkatkan kolesterol jahat dan meningkatkan risiko stres berkepanjangan.  

Tidur Cukup

Pastikan untuk memiliki tidur yang cukup setiap harinya. Tidurlah sekitar 7-9 jam setiap malam. Rutinitas ini akan membantumu memiliki kadar kolesterol yang stabil. 

Penting diketahui jika rutinitas malam yang sehat hanya akan memberikan hasil maksimal jika dilakukan secara konsisten. Kombinasi dari pola makan sehat, aktivitas fisik, manajemen stres, dan tidur yang cukup adalah kunci untuk menurunkan kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung yang baik. Ini bahkan baik dalam proses penurunan berat badan dan meningkatkan kebahagiaan dalam diri seseorang. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading