Sukses

Health

Alternatif Tomat, Begini Cara Bikin Pori-pori Wajah Rapat Bebas Komedo dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Komedo merupakan masalah kulit umum, terutama bagi mereka dengan kulit berminyak. Muncul sebagai benjolan kecil di pori-pori kulit, komedo disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati dan minyak. 

Minyak alami kulit, bersama dengan polusi, debu, dan sel kulit mati, membentuk komedo di area seperti hidung, pipi, dan dagu, memberikan tekstur kasar pada kulit. Jika tidak ditangani dengan baik, komedo berpotensi menyebabkan masalah lain, termasuk jerawat. 

Produksi minyak yang berlebihan dan pembesaran pori-pori kulit memiliki peran penting dalam munculnya komedo, di mana pori-pori yang melebar menjadi rentan terhadap kotoran. Akumulasi kotoran dalam jumlah besar dapat menyumbat pori-pori dan membentuk komedo.

Simak informasi selengkapnya mengenai cara atasi pori-pori wajah rapat bebas komedo bahan alami, dikutip dari Instagram @thatsoolucky pada Kamis (07/12/2023).

Solusi Atasi Pori-pori Wajah Rapat Bebas Komedo

Jangan khawatir jika Anda mengalami masalah ini. Sebab, ada banyak bahan alami yang dapat dijadikan solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan kombinasi bubuk daun neem dan air mawar, seperti yang disarankan oleh akun Instagram @thatsoolucky.

Khasiat Daun Neem

Kandungan triterpenoid, flavonoid, dan asam lemak esensial dalam daun neem memberikan sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat. Hal ini menandakan bahwa daun neem dapat efektif mengurangi risiko penyumbatan pori-pori dan secara bersamaan memberantas bakteri dan kuman dalam kulit. 

Tak hanya itu, antioksidan dalam daun neem juga berperan dalam membersihkan kulit dari kotoran yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga dapat mengurangi ukuran pori-pori dan mengurangi potensi terbentuknya komedo serta jerawat.

Khasiat Air Mawar

Air yang berasal dari bunga mawar memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Sifat-sifat tersebut tidak hanya berperan dalam menjaga pH kulit tetap seimbang, melainkan juga membantu membersihkan kulit dari kotoran yang mungkin menyumbat pori-pori. 

Air mawar juga memiliki sifat astringen yang dapat menyusutkan ukuran pori-pori, membantu mencegah produksi minyak berlebih yang dapat memperbesar rongga pada pori-pori. Untuk merasakan manfaat dari kedua bahan tersebut, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti.

Bahan dan Peralatan yang Harus Dipersiapkan

  • Satu sendok bubuk daun neem
  • Air mawar secukupnya
  • Wadah kecil

Langkah-langkah untuk Membuat Masker

  • Ambil 1 sendok makan bubuk daun neem dan letakkan dalam wadah kecil.
  • Persiapkan bubuk daun neem dengan cara mengeringkan daunnya dan menghaluskannya dengan blender.
  • Tambahkan sedikit air mawar sebagai pelarut ke dalam wadah.
  • Aduk semua bahan dengan rata hingga membentuk pasta yang kental.
  • Oleskan campuran ini secara merata ke seluruh wajah yang telah dibersihkan, lalu biarkan selama 15 menit.
  • Setelah itu, usap wajah dengan lembut selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih.
  • Gunakan masker ini secara rutin sekali seminggu untuk hasil terbaik.

Apa Penyebab Komedo Timbul di Wajah?

Menurut informasi dari Siloam Hospitals, penyebab timbulnya komedo di hidung berasal dari akumulasi minyak, bakteri, atau sel kulit mati. Faktor-faktor yang memicu kondisi ini melibatkan berbagai hal, mulai dari tingkat stres, perubahan hormon, hingga penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulit seseorang.

Apa yang Menyebabkan Pori-pori Wajah Membesar?

Pembesaran pori-pori pada wajah dalam situasi ini adalah tanggapan kulit terhadap pengeluaran minyak yang berlebihan. Akan tetapi, kelebihan sebum, sel-sel kulit mati, dan kotoran yang terdapat pada wajah dapat terjebak di dalam pori-pori, menyebabkan penampilan pori-pori yang membesar.

Apakah Gel Lidah Buaya Bisa Mengecilkan Pori-pori Wajah?

Lidah buaya merupakan tumbuhan, yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengecilkan pori-pori. Lidah buaya bisa dijadikan masker alami, karena memiliki kandungan yang bisa membantu mengatasi iritasi kulit, melembapkan dan mencerahkan kulit wajah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading