Sukses

Health

Perubahan Cuaca Bikin Anak Mudah Sakit? Terapkan Tips Ini Biar Daya Tahan Tubuhnya Terjaga Baik

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini cuaca tampak tak menentu. Siang bisa panas menyengat, tahu-tahu malamnya hujan tak henti-henti sampai keesokan pagi, atau bisa pula terjadi sebaliknya. Akibat perubahan cuaca yang kadang sulit diprediksi ini, bikin anak-anak jadi kena ikut dampaknya. Salah satunya, si Kecil jadi gampang sakit karena kondisi cuaca yang terus berubah-ubah ini.

Anak-anak yang kurang baik daya tahan tubuhnya, maka dapat terkena flu, batuk bahkan ISPA karena kondisi perubahan cuaca yang terjadi. Jika hal tersebut sampai terjadi pada anak, maka bisa berdampak pada aktivitasnya. Bahkan, jika sakit yang dideritanya terjadi dalam waktu lama, maka dapat pula berdampak pada proses tumbuh kembangnya. 

Itulah kenapa, orang tua perlu memperhatikan daya tahan tubuh anak agar selalu terjaga dengan baik, terutama di tengah perubahan cuaca seperti sekarang ini. Biar buah hati tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan lancar setiap saat, terapkan tips ini biar daya tahan tubuh anak terjaga dengan baik. Penasaran seperti apa?

Anak-Anak Perlu Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup membantu tubuh anak-anak dalam memproduksi hormon pertumbuhan yang penting untuk perkembangan mereka. Selain itu, istirahat yang cukup juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung anak-anak. Dengan istirahat yang cukup, risiko obesitas pada anak-anak juga dapat dikurangi.

Apabila anak-anak dapat beristirahat dengan cukup, maka juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh mereka, sehingga anak-anak lebih tahan terhadap penyakit. Selain itu, istirahat yang cukup juga dapat membuat anak lebih bahagia, mencegah penyakit, mendukung perkembangan emosi yang optimal, serta meningkatkan kreativitas.

Berdasarkan waktu tidur ideal yang disarankan Kementerian Kesehatan sesuai usianya, maka anak usia 1-2 tahun perlu beristirahat selama 11-14 jam sehari. Anak usia 3-5 tahun atau prasekolah butuh istirahat selama 10-13 jam per hari. Sedangkan anak usia sekolah 6 tahun ke atas perlu istirahat selama 9-11 jam per hari.

Pastikan Anak Terhidrasi dengan Baik

Pastikan anak-anak minum cukup air untuk menjaga kelembapan tubuh mereka. Air membantu mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh anak-anak, agar tubuh tetap berfungsi optimal. Air putih juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan anak. Bila tubuh anak mendapatkan asupan cairan yang cukup, maka sistem pencernaan mereka dapat berfungsi dengan baik .

Tak sampai di situ, minum air putih juga membantu mengeluarkan racun dan limbah dalam tubuh anak-anak, sehingga membantu menjaga kesehatan mereka. Dengan minum air yang cukup, maka juga dapat menghindarkan anak-anak dari dehidrasi. Sebab, dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Selain itu, tumbuh kembang mereka juga dapat tetap berjalan dengan baik, bilamana anak-anak cukup terhidrasi.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, secara umum kebutuhan air dalam tubuh anak-anak usia 1-3 tahun sebanyak 800-1.000 ml per hari. Sedangkan pada anak-anak yang berusia 4-8 tahun, kebutuhan air dalam tubuh mereka meningkat menjadi 1.200-1.600 ml per hari. Jumlah kebutuhan cairan ini pun dapat bervariasi, tergantung tinggi dan berat badan anak, umur, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisiknya, serta cuaca.

Penuhi Kebutuhan Gizinya Secara Seimbang

Pastikan anak mendapatkan asupan makanan bergizi seperti ikan, air kelapa, pisang, dan sup ayam selama perubahan cuaca berlangsung. Makanan-makanan ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak di tengah kondisi cuaca yang tak menentu. Selain itu, b​​erikan makanan bergizi seimbang yang mencakup karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral penting lainnya. Kombinasi makanan ini akan membantu memenuhi kebutuhan gizi anak sesuai usianya.

Di samping makanan-makanan tersebut, penuhi pula kebutuhan gizi anak dengan memberikan segelas susu pertumbuhan setiap hari, seperti vidoran Xmart 1+ dan 3+ untuk memenuhi gizi dan menjaga daya tahan tubuh anak. Susu vidoran Xmart menjadi pilihan lebih sehat dengan kandungan gula rendah, rasa lebih enak, dan tinggi kandungan DHA.

Berkat komposisinya yang lengkap, tak mengherankan jika 9 dari 10 Ibu pilih susu vidoran Xmart ini untuk buah hatinya. Menariknya, susu vidoran Xmart ini 100% asli Indonesia, sejak tahun 1977 lahir dan berkembang di Indonesia, mengandung formula imunUP yang diperkaya Cod Liver Oil, tinggi Vitamin C, D3, E dan Zinc, tinggi DHA, Omega 6, serta tinggi Protein, Zat Besi, Sumber Serta Pangan Inulin, sehingga dapat mendukung anak agar memiliki daya tahan tubuh kuat, tumbuh aktif dan cerdas, dan tumbuh optimal. Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading