Sukses

Health

3 Efek Samping Minum Es Teh Manis yang Berbahaya untuk Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Minuman menyegarkan seperti es teh manis selalu menjadi pilihan favorit bagi banyak orang, terutama di daerah tropis seperti Indonesia. Es teh manis adalah minuman yang terdiri dari campuran teh hitam yang diberi tambahan gula dan es batu. Minuman ini sering dijadikan pilihan untuk melepas dahaga dan menyegarkan tubuh, terutama ketika cuaca sedang panas.

Namun, meski terlihat sederhana, ada beberapa fakta menarik yang perlu diketahui tentang es teh manis. Teh manis memiliki efek samping yang dapat merugikan kesehatan tubuh, terutama untuk kenaikan kolesterol dalam tubuh. Ada baiknya tidak mengonsumsi es teh manis setiap hari.

Untuk mengurangi risiko masalah kesehatan yang disebabkan oleh konsumsi es teh manis, penting untuk membatasi konsumsi gula. Ganti es teh manis dengan minuman yang lebih sehat, seperti air putih, teh herbal, atau teh tanpa gula. Selain itu, memperhatikan pola makan yang seimbang dan aktif secara fisik juga dapat membantu mencegah masalah kesehatan yang disebabkan oleh konsumsi gula berlebih. Berikut efek samping minum es teh manis yang menyebabkan kolesterol tinggi:

Efek Samping Minum Es Teh Manis

1. Penyebab Diabetes

Pertama, meskipun segarnya tak terbantahkan, es teh manis sebenarnya mengandung banyak gula. Dalam sebuah gelas es teh manis biasa, terdapat sekitar 8 sendok teh gula, atau bahkan lebih tergantung dari selera masing-masing orang. Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan masalah kesehatan lainnya, jadi sebaiknya konsumsilah es teh manis dengan bijak.

2. Menaikan Kolesterol

Selain itu, es teh manis juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Ini juga dapat menjadi perhatian, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program diet atau memperhatikan asupan kalori mereka. Jika kalori tinggi dalam tubuh, maka dapat menyebabkan penumpukan lemak dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Meskipun rasanya yang lezat dan menyegarkan, sebaiknya tetap menjaga konsumsi es teh manis agar tidak melebihi batas yang disarankan.

Efek Samping Minum Es Teh Manis

3. Karies Gigi

Meminum es teh manis secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan gula pada gigi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan karies gigi. Gigi yang sering terkena gula akan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kerusakan. Selain itu, gigi juga akan menguning dan kekurangan kalsium.

Namun, bukan berarti semua hal tentang es teh manis buruk. Ada beberapa manfaat dari mengonsumsi es teh manis dengan bijak. Teh hitam yang menjadi bahan dasar es teh manis mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, konsumsi secara moderat juga bisa memberikan sedikit energi dan menambah cairan tubuh saat cuaca sedang panas.

Dengan demikian, meskipun es teh manis dapat memberikan sensasi kesegaran dan kelezatan yang tak tertandingi, kita juga perlu memperhatikan konsumsi dan fakta-fakta tentang minuman ini. Sebaiknya, nikmatilah es teh manis sesekali sebagai penyegar, namun tetap jaga keseimbangan asupan gula dan kalori tubuh. Semoga dengan mengenali fakta-fakta ini, kita bisa menikmati es teh manis dengan lebih bijak dan tetap menjaga kesehatan tubuh kita.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading