Sukses

Health

Survei Sebut 50-70 Persen Ibu di Indonesia Alami Baby Blues Karena Kurang Support System

Fimela.com, Jakarta Menjalankan peran sebagai ibu memang bukan perkara mudah. Butuh dedikasi dan support system yang baik agar ibu dapat menjalankan perannya dengan baik yang berdampak pada tumbuh kembang anak.

Support system ini bisa didapatkan ibu dari suami maupun keluarga di rumah. Sayangnya, tidak semua ibu mendapatkan support system tersebut. Terutama pada fase menyusui yang menguras tenaga maupun waktu ibu dalam mengurus anak. Akibatnya, banyak ibu yang mengalami stres hingga pada baby blues.

Para ibu yang mengalami baby blues ini umumnya merasa sendiri dan ditinggalkan oleh orang di sekitar di saat ia menjalankan perannya. Penelitian skala nasional menunjukkan 50-70 persen ibu di Indonesia mengalami gejala baby blues. Ketua Komunitas perempuan dari Wanita Indonesia Keren (WIK) dan psikolog, Maria Ekowati pun menyebut angka ini tertinggi ketiga di Asia.

Melihat tingginya angka stres dan baby blues pada ibu, Mom Uung ingin memberi solusi dengan menghadirkan beragam fasilitas konsultasi hingga roadshow.

 

Tekan angka baby blues

“Roadshow hari ini juga jadi reminder ya buat ibu-ibu, apapun yang sedang dihadapi selama menjadi proses ibu, selalu inget, kalian nggak sendiri. Ada Mom Uung yang siap support kalian, termasuk dengan adanya roadshow kali ini ya buat kalian, kita pengen dateng tiap kota di Indonesia, dan bareng2 kita terus berproses melewati hari-hari baru, jadi ibu” Jelas Uung Victoria Finky saat memberi sambutan di awal roadshow.

Konsultasi yang dimaksud untuk memberikan support kepada ibu-ibu di Indonesia sebelumnya. Mom Uung telah menciptakan ragam pelayanan konsultasi gratis. Mulai dari konsultasi menyusui online yang bisa 24 jam, konsultasi offline di Breastfeeding Home Mom Uung, hingga konsultasi menyusui home visit yang semua diberikan secara gratis oleh ibu menyusui. Hingga saat ini jumlah Konsultasi di Mom Uung mencapai angka 1.000.000 di tahun 2023 dan akan terus bertambah.

 

Raih rekor MURI

Mom Uung juga memberi bekal pengetahuan seputar menyusui, lewat kerjasama dengan 5 dokter ahli laktasi, yang membawahi Tim Konsultasi, memberikan materi edukasi menyusui dan webinar di setiap bulannya. Termasuk dalam acara roadshow puncaknya kali ini, materi workshop sukses menyusui hingga 2 tahun disampaikan oleh dr. Natasya Ayu Andamari, Sp.A, CIMI, yang merupakan salah satu medical educator Mom Uung, dan beragam acara lainnya yang dibintangi oleh deretan artis ternama.

Lewat roadshow ini, Mom Uung juga mendapatkan Rekor Muri, sebagai penyelenggara Tur Edukasi Menyusui Peserta Terbanyak dalam Waktu Satu Tahun. Pada acara puncak, kegiatan roadshow ini dihadiri oleh total 1200 peserta yang terdiri dari masyarakat umum, khususnya ibu-ibu yang sedang dan akan menyusui.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading