Sukses

Health

Bau dan Rasanya Memang Aneh, tapi Daun Sirih Disebut Efektif Tangkal Penyakit Termasuk Kolesterol dan Gula Darah

Fimela.com, Jakarta Daun sirih, dengan baunya yang khas dan rasa yang sedikit aneh, menjadi tanaman yang seringkali diperbincangkan dalam dunia kesehatan. Meskipun aroma dan rasanya mungkin tidak biasa bagi beberapa orang, daun sirih telah dikenal memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. 

Daun sirih mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri. Segudang kandungan ini menunjukkan potensi daun sirih sebagai sumber nutrisi yang bermanfaat pada kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Biasanya dikenal dengan khasiatnya dalam menjaga kesehatan organ kewanitaan, daun sirih juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menurunkan kolesterol. 

Berikut adalah manfaat daun sirih bagi kesehatan, dirangkum pada Kamis (21/12/2023).

Bermanfaat bagi Organ Kewanitaan

Daun sirih terkenal karena manfaatnya bagi kesehatan organ kewanitaan. Melansir Siloam Hospitals, dalam jurnal The Effect of Using Red Betel Leaves (Piper Crocatum) for Vaginal Discharge Among Fertile Age Woman (FAW) disebutkan bahwa air rebusan daun sirih ampuh dalam mengatasi keputihan. 

Tak hanya itu, daun ini juga dapat mengatasi rasa gatal di kemaluan yang biasanya disebabkan oleh Bacterial vaginosis. Namun, penggunaan daun sirih tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang karena bisa memicu perubahan pH di area kewanitaan. 

Mengatasi Masalah Pencernaan

Mudah didapatkan, ternyata daun sirih juga bisa mengurangi nyeri lambung dan gejala GERD. Daun sirih mampu memperbanyak produksi lendir usus dan lambung, hal tersebut berguna dalam pencegahan luka di dinding usus dan lambung

Daun sirih juga bisa berperan sebagai pelindung bagi usus agar terhindar dari racun yang berbahaya. Selain itu, daun sirih dapat menetralkan pH lambung yang bisa merasakan gejala maag, asam lambung naik, dan perut kembung.  

Efektif Turunkan Kolesterol

Bagi yang memiliki kolesterol tinggi, daun sirih dapat menjadi solusi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Daun sirih dapat mengurangi lemak total dalam darah sehingga selain kadar kolesterol turun, lemak jahat dan trigliserida juga bisa menurun. 

Menurunkan Gula Darah

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun sirih berkhasiat dalam menurunkan gula darah. Terlebih bagi penderita diabetes tipe 2. 

Antioksidan mampu mengurangi stres oksidatif yang merupakan pemicu ketidakseimbangan hormon insulin dan penyebab kerusakan sel-sel tubuh. Meskipun demikian, daun sirih tidak bisa dijadikan pengobatan utama diabetes. 

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Daun sirih dan biji pinang yang dikunyah diketahui bisa memicu produksi air liur di dalam mulut. Air liur bermanfaat untuk menjaga kekuatan gigi dan mencegah penyakit gusi dengan kandungan protein dan mineral baiknya. 

Alternatif lainnya, daun sirih bisa direbus dan air rebusannya bisa digunakan sebagai obat kumur. Hal tersebut bisa menghambat bakteri mulut dan zat asam yang menyebabkan gigi berlubang. 

Daun Sirih untuk Mengobati Penyakit Apa Saja?

Daun sirih merah memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sejumlah penyakit, termasuk diabetes melitus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kadar kolesterol, mencegah stroke, asam urat, kanker, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi, dan meningkatkan kehalusan kulit.

Apa Saja Manfaat Daun Sirih Hijau?

Salah satu manfaat utama daun sirih hijau adalah kemampuannya dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan antioksidan dalam daun sirih hijau dapat mengatasi stres oksidatif, yang pada gilirannya membantu mempercepat penyembuhan luka.

Apakah Daun Sirih Bisa Menghilangkan Rasa Gatal pada Kemaluan?

Rasa gatal di area organ intim juga bisa menjadi tanda adanya infeksi bakteri atau jamur. Untuk mengatasi rasa gatal yang berlebihan, Anda dapat memanfaatkan air rebusan daun sirih untuk membersihkan daerah kewanitaan. Air rebusan daun sirih memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat efektif membunuh kuman penyebab gatal pada organ intim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading