Sukses

Health

Cara Efektif Kontrol Gula Darah dan Kolesterol dengan Cepat dan Ampuh

Fimela.com, Jakarta Darah tinggi dan kolesterol merupakan masalah kesehatan yang seringkali muncul. Faktor-faktor penyebabnya pun bervariasi, tetapi pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat kerap menjadi penyebab umum timbulnya masalah tersebut. 

Penanganan untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol tinggi perlu dilakukan saat masalah tersebut telah menyerang. Akan tetapi, sebagai tindakan preventif, beberapa hal yang berkaitan dengan gaya hidup sehat bisa dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah dan kolesterol supaya tetap normal. 

Berikut adalah cara efektif yang dapat dilakukan untuk mengontrol gula darah dan kolesterol secara ampuh dan alami, dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (28/12/2023). 

Mengontrol Berat Badan

Menjaga berat badan supaya tetap ideal merupakan salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah. Berat badan yang berlebih berpotensi mengakibatkan kadar gula dalam darah sulit terkontrol. 

Melansir dari Siloam Hospitals, menurut penelitian, berat badan ideal bisa mengoptimalkan penyerapan kolesterol baik (HDL). 

Mengelola Stres dengan Baik

Stres yang tidak dikelola dengan baik bisa berakibat pada meningkatnya kadar gula darah karena lepasnya hormon stres. Selain itu, keadaan stres juga membuat munculnya keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. 

Kondisi stres yang berlangsung lama juga berdampak pada peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh. 

Mengonsumsi Makanan yang Kaya Serat

Makanan yang mengandung banyak serat sangat baik dikonsumsi karena serat dapat mengikat lemak yang mengurangi terserapnya kolesterol di dalam usus. Selain itu, dengan membiasakan mengonsumsi makanan tinggi serat dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh.

Mengatur Porsi Makan

Mengatur porsi makan dengan tepat penting sekali dilakukan untuk menjaga kadar gula darah. Tidak hanya bagi penderita diabetes, tetapi bagi semua orang karena hal ini bisa mencegah obesitas. 

Hal yang bisa dilakukan dalam mengelola porsi makan antara lain adalah memperhatikan komposisi makanan, makan dalam porsi kecil tetapi frekuensinya lebih sering, dan makan secara perlahan-lahan.

Melakukan Cek Gula Darah dan Kolesterol secara Rutin

Selain usaha-usaha untuk menerapkan pola hidup sehat supaya kadar kolesterol dan gula darah lebih terkontrol, penting untuk melakukan pemeriksaan gula darah dan kolesterol secara rutin. Pengecekan rutin ini akan membantu pemantauan kadar gula darah dan kolesterol sehingga bisa menentukan tindakan yang lebih tepat.

Apa Tanda2 Gula Darah Tinggi?

Beberapa tanda bahwa seseorang mungkin mengalami kadar gula darah yang berlebihan antara lain mudah lelah, penglihatan kabur, nafsu makan yang meningkat, gerakan tubuh yang lebih lambat, masalah pada kulit, keinginan terus-menerus akan makanan manis, penurunan berat badan yang signifikan, dan luka yang memerlukan waktu lama untuk sembuh.

Apa Pemicu Naiknya Gula Darah?

Keturunan atau faktor genetik, kebiasaan makan yang tidak sehat dengan konsumsi berlebihan gula atau karbohidrat, kurangnya aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan yang tidak baik, merupakan pemicu naiknya gula darah. 

Kolesterol Muncul di Umur Berapa?

Penyakit kolesterol seringkali dianggap hanya menghantui mereka yang telah memasuki usia lanjut. Akan tetapi, realitanya, kolesterol dapat memengaruhi individu yang masih muda, kisaran usia ini berkisar antara 20 hingga 30 tahun. Kondisi kolesterol yang tidak normal seringkali disebabkan oleh kurangnya perhatian terhadap pola makan yang sehat pada usia tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading