Sukses

Health

5 Pilihan Makanan Enak yang Ampuh Turunkan Gula Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Gula darah tinggi atau diabetes mellitus adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus dalam pengelolaannya. Jika mendeteksi adanya risiko masalah kesehatan ini dalam tubuh, jangan tunggu lama untuk mengatasi dan mengontrolnya. 

Selain obat-obatan dan pola hidup sehat, makanan juga memainkan peran penting dalam usaha mengontrol kadar gula darah. Ada beberapa makanan enak yang dipercaya cukup ampuh turunkan gula darah tinggi. Adapun makanan enak tersebut antaranya sebagai berikut.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Kandungan nutrisi ini yang bisa membantu mengontrol gula darah berlebih dalam tubuh. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care, konsumsi sayuran hijau cukup ampuh dalam hal terkait penurunan risiko diabetes tipe 2.

Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak sehat dan serat tinggi. Inilah yang membantu menstabilkan gula darah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, menunjukkan bahwa konsumsi alpukat cukup membantu meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi resistensi insulin. Ini juga sangat baik bagi kesehatan otak dan organ tubuh secara menyeluruh.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan sarden mengandung asam lemak omega-3, yang bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Penelitian yang diterbitkan di Diabetes Care, menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 cukup berperan penting dalam pengelolaan diabetes. 

Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti quinoa, beras merah, dan gandum utuh mengandung serat, vitamin, dan mineral cukup tinggi di dalamnya. Penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, menunjukkan bahwa konsumsi biji-bijian utuh cukup membantu mengontrol gula darah berlebih. Ini akan menstabilkan gula darah dan membantu tubuh senantiasa sehat selalu. 

Kayu Manis

Kayu manis diketahui mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care, menunjukkan jika pemberian kayu manis bisa membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Pemberian dalam dosis tepat, juga cukup membantu untuk mengatasi masalah ini secara lebih baik. 

Makanan-makanan di atas bisa menjadi pilihan yang baik untuk membantu mengontrol gula darah tinggi. Namun, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengubah pola makan atau mengganti pengobatan terkait diabetes yang berisiko pada dirimu selama ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita makin bijak dalam memilih aneka makanan sehat untuk konsumsi sehari-hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading