Sukses

Health

6 Manfaat Minum Rebusan Daun Sirsak Turunkan Kolesterol hingga Asam Urat

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mungkin lebih umum mengenal sirsak untuk diambil buahnya. Buah sirsak memiliki rasa asam manis berserat yang sangat baik untuk kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi peradangan, melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol dan gula darah bahkan mencegah kanker. Tapi tak banyak yang tahu bahwa selain buahnya, daun pohon sirsak juga memiliki manfaat yang hampir sama bahkan baik untuk menurunkan asam urat.

Daun sirsak cenderung memiliki banyak kandungan antioksidan yang baik untuk mencegah, mengatasi atau mengobati beberapa penyakit. Cara paling mudah mendapatkan manfaatnya adalah dengan merebus dan minum air rebusan daun sirsak. Ini dia beberapa manfaat rebusan daun sirsak yang baik untuk kesehatan.

1. Menurunkan kolesterol tinggi

Daun sirsak diketahui memiliki kandungan antioksidan seperti flavonoid, tanin, dan alkaloid yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan ini lebih tinggi dibandingkan dengan akar dan batangnya sehingga sangat baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. mengonsumsi tiga hingga lima gelas kecil rebusan daun sirsak setiap hari dapat menurunkan kolesterol karena adanya tambahan ekstrak etanol pada daun sirsak.

2. Mencegah kanker

Penelitian dari Journal of Food Quality dengan judul Nutritional and Therapeutic Potential of Soursop menemukan bahwa Fitokonstituen dan senyawa bioaktif pada sirsak memiliki khasiat obat. Daun sirsak diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dengan menginduksi apoptosis, meningkatkan respon imun, menurunkan konsentrasi glukosa dalam darah, mengurangi depresi, merangsang pencernaan, dan melebarkan pembuluh darah.

3. Menurunkan gula darah dan mencegah diabetes

Daun sirsak yang direbus dan diminum ekstrak daunnya memiliki efek mengatasi hiperglikemia dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin dan memperbaiki masalah sekresi insulin dalam tubuh sehingga dapat membantu menurunkan gula darah. Minum air rebusan daun sirsak juga dapat menghambat aktivitas enzim α amilase dan α glukosidase yang mempunyai dampak signifikan terhadap tingginya kadar glukosa darah sehingga dapat mencegah diabetes.

4. Menurunkan hipertensi

Rebusan daun sirsak memiliki kandungan berbagai senyawa aktif secara farmakologis, antara lain alkaloid, kumarin, tanin, flavonoid, fenol, terpenoid, dan saponin. sehingga sangat baik dalam membantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bahkan dalam pengobatan herbal tradisional, selain menurunkan tekanan darah tinggi, daun sirsak sudah sering dimanfaatkan juga untuk mengatasi demam, bantuk dan meredakan diare.

5. Mencegah wasir

Daun sirsak memiliki efek antiinflamasi atau anti radang sehingga sangat baik dalam mengatasi peradangan dan bahkan pendarahan pada penderita wasir. Tanaman yang kaya akan senyawa fenolik seperti flavonoid, tanin, stilbenoid, katekin, lignin, dan asam fenolik dapat membantu penyakit autoimun, penyakit radang usus, dan wasir. Dan kandungan itu bisa didapat dari daun sirsak. Bahkan ekstrak air daun sirsak memiliki kombinasi alami komponen bioaktif dengan fungsi biogenesis (pembentukan pembuluh darah baru dari pembuluh yang sudah ada sebelumnya).

6. Menurunkan asam urat

Kandungan antioksidan yang tinggi pada rebusan daun sirsak juga efektif dalam menurunkan peradangan dan nyeri pada persendian terutama karena peningkatan asam urat pada tubuh. Kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat dapat membantu pembuangan kelebihan asam urat di dalam tubuh sehingga mengurangi kelelahan, nyeri sendi dan saraf.

Itu dia sekian manfaat rebusan daun sirsak yang baik untuk kesehatan. Jika punya pohon sirak di rumah, silakan memanfaatkan buah dan daunnya dengan baik ya Sahabat Fimela.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading