Sukses

Health

5 Tips Menurunkan Demam Anak Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Tidak ada orang tua yang tidak khawatir apabila anaknya terserang penyakit. Sistem kekebalan anak yang sedang berkembang membuat anak rentan untuk jatuh sakit. Penyakit demam contohnya. Suhu tubuh anak yang tinggi akan membuat orang tua cemas dan tidak jarang panik.

Sebenarnya, suhu anak yang tinggi menandakan bahwa kekebalan tubuh anak sedang bekerja untuk melawan infeksi yang menyerang tubuh. Tidak apa untuk merasa cemas, tapi sebagai orang tua mungkin lebih baik Sahabat Fimela tidak boleh panik.

Anak yang demam dapat dirawat di rumah dengan pengobatan alami. Dilansir dari klay.co.in inilah 5 pengobatan alami yang efektif untuk menurunkan demam anak.

1. Minum Banyak Cairan

Ancaman terbesar saat anak demam adalah dehidrasi. Demam akan menyebabkan anak berkeringat dan kehilangan banyak mineral dalam tubuh. Sehingga anak perlu minum banyak cairan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain air putih, anak juga dapat minum jus buah atau kaldu hangat. Popsicle (buah yang dibekukan) dan sup hangat juga direkomendasikan apabila anak ingin sesuatu yang lebih berasa.

2. Mandi dengan Air Cuka Apel

Mandi air hangat akan membantu menurunkan suhu tinggi karena bersifat lembut dan tidak mengejutkan seperti mandi dengan air dingin. Agar lebih efektif, air hangat untuk mandi anak dapat dicampurkan dengan secangkir cuka apel. Sahabat Fimela juga dapat mencampurkan beberapa tetes cuka apel pada kompres hangat anak.

3. Minum Teh Herbal

Teh herbal aman diminum anak saat demam karena tidak mengandung kafein. Pengobatan ini sebenarnya telah cukup populer untuk menurunkan demam anak. Madu juga dapat ditambahkan ke dalam teh agar rasanya lebih sedap. Tidak hanya sedap, campuran ini dapat memberikan antibakteri ekstra dalam tubuh.

4. Probiotik

Probiotik dapat membantu untuk memperkuat kekebalan tubuh anak yang sedang melawan infeksi saat demam. 80% sistem kekebalan tubuh terletak pada mikroba kecil yang ada di dalam usus. Tugas probiotik adalah untuk memperkuat mikro biota usus saat sedang sakit. Mengonsumsi suplemen probiotik seecara rutin dalam dosis yang benar juga merupakan pilihan yang tepat agar tidak mudah sakit di kemudian hari.

5. Membuat Tubuh Anak Tetap Sejuk

Saat suhu tubuh anak tinggi, pastikan untuk membuat tubuh anak agar tetap sejuk.  Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain memakaikan pakaian yang tidak terlalu tebal, tidak menggunakan selimut yang berlapis dan membuat panas, dan tetap menjaga sirkulasi udara di sekitar. Selain itu, lap tubuh anak dengan air hangat dan kompres hangat anak agar mengeluarkan panas lewat pori-pori tubuh.

Nah itu tadi adalah 5 tips untuk menurunkan demam anak. Jangan lupa untuk memberi anak obat penurun demam dengan dosis yang tepat. Apabila demam anak tidak kunjung turun, jangan ragu untuk membawa anak ke dokter terkait ya!

 

Penulis: Khrisna Ayu

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading