Sukses

Health

Tips Memilih Menu Sahur dan Berbuka untuk Menghindari Maag Kambuh

Fimela.com, Jakarta Bulan suci Ramadan mewajibkan umat muslim untuk melakukan ibadah puasa. Namun, saat berpuasa sebagian orang atau salah satu Sahabat Fimela memiliki masalah dengan penyakit maag atau asam lambung. Kondisi ini terjadi karena perut harus bertahan tanpa makanan atau minuman selama waktu yang cukup lama, sehingga menyebabkan peningkatan produksi asam lambung.

Makanan biasanya berperan dalam menetralkan asam lambung yang berlebihan, namun saat berpuasa, perut tidak menerima asupan makanan yang cukup, sehingga asam lambung bisa naik hingga ke kerongkongan.  Meskipun memiliki penyakit maag mungkin menimbulkan kekhawatiran, namun hal tersebut tidak boleh menjadi penghalang untuk mendapatkan pahala dalam menjalankan ibadah puasa. 

Sahabat Fimela yang menderita maag bisa mencegah kenaikan asam lambung dengan memilah jenis makanan saat sahur dan berbuka. Simak tips berikut yang dilansir dari pbpegi.com, webmd.com, dan naluri.life, untuk mencegah kenaikan asam lambung saat berpuasa, sehingga puasa bisa berjalan dengan lancar. 

Tips Memilih Makanan untuk Mengindari Maag saat Berpuasa

1. Jangan lupakan karbohidrat

Jangan lupakan pentingnya karbohidrat dalam menu sahur. Meskipun perut akan berpuasa untuk waktu yang lama, karbohidrat tetap diperlukan untuk memberikan energi selama berpuasa. Namun, saat berbuka, tidak perlu langsung mengonsumsi nasi karena akan menimbulkan kenaikan asam lambung. Cobalah untuk makan kurma terlebih dahulu. 

Selain nasi, kentang bisa menjadi alternatif pilihan yang baik. Kentang mengandung senyawa basa dan vitamin yang dapat membantu mengurangi risiko kambuhnya maag. Lebih baik lagi jika kentang direbus atau dikukus untuk menjaga kesehatan lambung.

2. Mengomsumsi kurma 

Makan kurma saat berbuka puasa bukan hanya anjuran dari Nabi, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Kurma kaya akan karbohidrat, serat, dan potasium yang tidak hanya memberikan energi, tetapi juga membantu menjaga kesehatan lambung. Makan 3 kurma saat berbuka puasa, diikuti dengan jeda sebelum mengonsumsi makanan selanjutnya, dapat membantu mengendalikan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, serta melancarkan sistem pencernaan, sehingga melindungi lambung dari kadar keasaman berlebih yang dapat memicu gejala asam lambung.

3. Memilih kacang almond

Pilihlah kacang almond sebagai camilan saat berbuka atau sahur. Kacang almond memiliki kadar gas yang rendah dan kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah naiknya asam lambung selama puasa. 

Perhatikan Makanan saat Sahur dan Berbuka untuk Menghindari Gejala Maag

4. Mengomsumsi sayur dan buah 

Konsumsi sayuran dan buah-buahan sangat penting dalam menjaga kesehatan lambung. Sayuran seperti bayam, brokoli, dan sawi kaya akan serat dan mudah dicerna, sehingga membantu mengurangi risiko iritasi pada lambung. Kombinasikan dengan berbagai jenis buah-buahan seperti pisang, melon, dan semangka untuk mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dan memberikan perlindungan tambahan terhadap kesehatan lambung.

5. Menghindari junk food

Menghindari makanan junk food juga sangat dianjurkan, karena makanan tersebut cenderung tinggi lemak dan sulit dicerna. Misalnya, pizza memiliki kandungan lemak tinggi yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung dan meningkatkan risiko iritasi lambung. Selain itu, gorengan an makanan junk food lainnya juga perlu dihindari karena dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan dan memperburuk gejala maag terlebih saat berpuasa. 

6. Hindari minumam berkafein dan bersoda

Kandungan kafein dan gas pada minuman bersoda dapat merangsang produksi asam lambung dan menyebabkan iritasi pada lambung. Sebagai gantinya, minumlah air putih atau minuman herbal yang tidak mengandung kafein untuk menjaga kelembapan tubuh dan mencegah dehidrasi tanpa memicu gangguan pada lambung.

Memilah makanan saat sahur dan berbuka menjadi hal penting bagi semua, bukan hanya penderita maag. Mengikuti tips diatas akan membantu Sahabat Fimela menghindari gejala maag saat berpuasa. Sambut ramadan tanpa khawatir asam lambung yang mengganggu. 

 

Penulis: Naela Marcelina.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading