Sukses

Health

5 Makanan Kaya Serat yang Baik untuk Sarapan, Siap Memulai Hari dengan Baik

Fimela.com, Jakarta Sarapan adalah langkah awal yang penting untuk memulai hari dengan baik. Tidak hanya sebagai sumber energi, tetapi juga sebagai fondasi penting bagi kesehatan. Namun, dalam memilih menu sarapan, tidak boleh sembarangan. Apa yang dikonsumsi di pagi hari dapat memiliki dampak yang signifikan pada langkah-langkah berikutnya dalam menjalani hari kita. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat Fimela memilih makanan yang tepat untuk sarapan, terutama yang kaya serat.

Sarapan yang mengandung serat tinggi dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Selain membuat merasa kenyang lebih lama, makanan kaya serat juga dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Langkah ini akan sesuai bagi Sahabat Fimela yang ingin merencanakan program diet atau hanya ingin menjaga kesehatan.

Lalu, apa saja makanan kaya serat yang baik untuk sarapan? Berikut 5 makanan yang bisa Sahabat Fimela pilih untuk memulai hari dengan sehat melansir dari Healthline.

5 Makanan Tinggi Serat untuk Sarapan

1. Oatmeal 

Oatmeal mengandung serat larut yang dikenal sebagai beta-glukan. Beta-glukan ini memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan glukosa dalam darah. Selain itu, oatmeal juga memiliki sifat antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan sifat probiotik yang dapat mendukung kesehatan pencernaan.Satu cangkir oatmeal yang sudah matang biasanya mengandung sekitar 4 gram serat dan 6 gram protein. Kandungan serat dan protein dalam oatmeal membuatnya menjadi pilihan sarapan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah, dan memberikan energi yang tahan lama.

2. Biji Chia 

Biji Chia merupakan sumber serat yang sangat baik. Satu ons atau sekitar 28 gram biji chia kering dapat memberikan hampir 10 gram serat. Yang menarik lagi, jenis serat yang terdapat dalam biji chia juga larut dalam air. Itu berarti serat ini memiliki kemampuan untuk menyerap air dan meningkatkan volume makanan yang bergerak melalui saluran pencernaan, sehingga dapat membuat Sahabat Fimela merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya.

3. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh merupakan sumber serat dan karbohidrat kompleks yang kaya. Serat dan karbohidrat kompleks ini dicerna secara perlahan oleh tubuh, sehingga membantu menjaga rasa kenyang lebih lama dan mencegah lonjakan kadar gula darah, berbeda dengan roti atau kue yang terbuat dari tepung putih. Sahabat Fimela bisa mengkombinasikan roti gandung dengan banyak makanan lain, diantaranya sebagai beritelur rebus dan tomat yang dihaluskan

  • Alpukat 
  • Selai kacang utuh tanpa pemanis dan pisang
  • Keju cottage dan stroberi
  • Tuna
  • Irisan daging ayam 

Buah dan Sayuran Tinggi Serat

4. Buah-Buahan 

Jika Sahabat Fimela terlambat, sarapan dengan buah utuh bisa menjadi pilihan yang simple dan sehat. Semua buah memiliki kandungan kalori yang relatif rendah dan mengandung serat, berbagai vitamin, mineral, dan gula alami. Serat yang terdapat dalam buah membantu memperlambat penyerapan gula oleh tubuh, sehingga memberikan sumber energi yang stabil. Berikut buah yang bisa dijadikan pilihan untuk sarapan tinggi serat:

  • pisang
  • Alpukat
  • Beri (seperti raspberry, blueberry, dan strawberry)
  • Anggur
  • Kiwi

5. Sayuran 

Rekomendasi terakhir dari Fimela untuk pilihan makanan tinggi serat adalah beberapa jenis sayuran. Sayuran ini tidak hanya mudah diolah, tetapi juga kaya akan nutrisi yang penting bagi kesehatan kita. Berikut adalah beberapa contoh sayuran tinggi serat:

  • Wortel
  • Bayam
  • Brokoli
  • Kentang 

 

Penulis: Naela Marcelina 

 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading