Sukses

Health

Rekomendasi 5 Seduhan Herbal untuk Mengurangi Nyeri saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, kita semua tahu bahwa menstruasi adalah bagian tak terelakkan dari kehidupan wanita. Namun, bagi sebagian dari wanita, menstruasi bukan hanya tentang siklus bulanan, tetapi juga tentang rasa tidak nyaman yang menyertainya. Kram, nyeri, kelelahan, dan perubahan mood adalah beberapa gejala umum yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gejala-gejala ini bervariasi pada setiap wanita. Ada yang hanya merasakan sedikit rasa tidak nyaman, ada pula yang mengalami gejala yang cukup parah. Bagi yang mengalami menstruasi yang tidak menyenangkan, ada beberapa cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan memanfaatkan seduhan alami. Yuk intipĀ 5 rekomendasi seduhan herbal untuk mengurangi nyeri saat menstruasi.

Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan herbal yang paling populer untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan, termasuk nyeri haid. Popularitas jahe ini tidak lepas dari sifat anti-inflamasi dan analgesiknya yang mujarab dalam meredakan kram dan nyeri perut. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan melancarkan aliran darah, yang dapat membantu meringankan gejala menstruasi.

Cara penggunaan:

  1. Rebus 1 ruas jahe dengan 2 gelas air selama 15 menit.
  2. Saring jahe, tuangkan ke gelas.
  3. Tambahkan madu secukupnya.
  4. Minum 2-3 kali sehari.

Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit merupakan bahan herbal dengan segudang manfaat. Tak hanya sebagai bumbu dapur dan bahan perawatan wajah, kunyit juga dikenal ampuh dalam meredakan nyeri, termasuk nyeri haid. Khasiat kunyit ini berasal dari kandungan anti-inflamasi dan anti-oksidannya yang mampu membantu meredakan kram, nyeri, dan peradangan. Tak hanya itu, kunyit juga dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi kelelahan, dua hal yang sering kali menyertai menstruasi.

Cara penggunaan:

  1. Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 1 gelas susu hangat.
  2. Tambahkan madu secukupnya.
  3. Minum 2-3 kali sehari.

Kayu Manis

Siapa sangka, kayu manis yang familiar sebagai bumbu dapur ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan? Tak hanya menghadirkan rasa pedas dan manis pada masakan, kayu manis juga menjadi solusi alami untuk meredakan nyeri haid. Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang ampuh dalam meredakan kram dan nyeri perut saat menstruasi. Sifat ini bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan kontraksi otot rahim. Kayu manis juga dapat membantu menstabilkan mood dan kadar gula darah yang tidak stabil selama menstruasi.

Cara penggunaan:

  1. Tambahkan 1/2 sendok teh bubuk kayu manis ke dalam 1 gelas air panas.
  2. Aduk rata dan minum 2-3 kali sehari.

Daun Raspberry

Daun raspberry adalah ramuan tradisional yang telah lama digunakan untuk membantu meredakan gejala menstruasi. Daun raspberry memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang dapat membantu meredakan kram dan nyeri. Daun raspberry juga bermanfaat untuk memperkuat rahim dan melancarkan aliran darah. Hal ini membantu mempercepat proses menstruasi dan mengurangi rasa tidak nyaman.

Cara penggunaan:

  1. Seduh 1 kantong teh daun raspberry dalam 1 cangkir air panas dan diamkan selama 5 menit.
  2. Minum 2-3 kali sehari.

Chamomile

Selain aromanya yang membuat rileks dan menenangkan, Chamomile berguna untuk mengatasi nyeri pada haid, loh! Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan sedatif yang membantu meredakan kram, nyeri, dan kecemasan yang sering menyertai menstruasi. Sifat anti-inflamasinya membantu mengurangi peradangan pada rahim, sedangkan efek sedatifnya membantu menenangkan tubuh dan pikiran.Ā Tak hanya itu, chamomile juga membantu tidur lebih nyenyak.

Cara penggunaan:

  1. Seduh 1 kantong teh chamomile dalam 1 cangkir air panas dan diamkan selama 5 menit.
  2. Minum 2-3 kali sehari.

Untuk lebih efektif dalam meredekan nyeri haid, pastikan untuk minum banyak air putih selama menstruasi, ya. Hindari konsumsi makanan dan minuman yang dapat memperburuk kram, seperti kafein, alkohol, dan makanan pedas. Selain itu, melaksanakan olahraga ringan secara teratur tidak hanya membantu mengurangi kram, tetapi juga dapat meningkatkan moodmu secara keseluruhan. Dengan mencoba beberapa seduhanĀ  alami di atas, Sahabat fimelaĀ akan merasa lebih nyaman selama periode menstruasi dan dapat mengurangi gangguan yang disebabkan oleh nyeri haid. Stay healty,girls!

Penulis: Patricia Angelique E.L

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading