Sukses

Health

6 Tips Sederhana Menjaga Tubuh agar Tidak Dehidrasi

Fimela.com, Jakarta Menghindari dehidrasi sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bagaimanapun, air memainkan banyak peran dalam tubuh, mulai dari melumasi sendi dan memproses nutrisi hingga mengatur suhu tubuh.

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air dan elektrolit. Maka, seseorang perlu menjaga keseimbangan yang tepat dalam sistem tubuh. Keadaan dehidrasi dapat terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan dari pada yang kita konsumsi.

Dehidrasi dapat menyerang siapa saja, tidak peduli berapa usia, tua atau muda, bahkan jika mereka benar-benar sehat. Tanda-tanda fisik mengalami dehidrasi adalah sakit kepala, kelelahan, muntah, dan kulit memerah. Untuk itu, berikut 6 tips sederhana menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

1. Menanggapi rasa haus

Rasa haus adalah cara tubuh berkomunikasi bahwa ia membutuhkan lebih banyak cairan. Maka, simpanlah botol air di dekat Sahabat Fimela dan minumlah setiap kamu merasa haus.

Usahakan minum air secara teratur sepanjang hari agar Sahabat Fimela tidak sering merasa haus. Sahabat Fimela juga dapat mencoba menetapkan target hidrasi pribadi, misalnya dengan menantang diri sendiri untuk menghabiskan botol sebelum makan siang dan minum 1 gelas lagi sebelum pulang ke rumah pada malam hari.

2. Periksa bagian dalam mulut untuk gejala dehidrasi

Cara sederhana lain untuk mengukur seberapa baik seseorang terhidrasi adalah dengan memeriksa kelembapan bagian dalam mulut.

Melansir everydayhealth.com, dalam terminologi medis mengimbau untuk periksa selaput lendir. Namun pada dasarnya, memerika bagian dalam mulut saja merupakan cara sederhana untuk memeriksa seseorang terhidrasi dengan baik. Jika mulai mengering, Sahabat Fimela tahu bahwa kamu telah kekurangan cairan.

3. Perbanyak asupan air saat berolahraga

Tubuh membutuhkan lebih banyak air saat berolahraga dengan intensitas tinggi atau dalam waktu lama. Kehilangan cairan melalui olahraga dapat berdampak signifikan pada kondisi tubuh seseorang. Bagi Sahabat Fimela yang suka berolahraga, kamu dapat kehilangan hingga 10% berat badan melalui keringat selama berolahraga.

Untuk menentukan jumlah keringat yang hilang dan kebutuhan hidrasi tubuh, sebaiknya untuk menimbang diri sebelum dan sesudah berolahraga. Untuk setiap pon yang hilang, setidaknya 16 ons cairan air atau larutan elektrolit oral harus dikonsumsi untuk rehidrasi.

Sahabat Fimela perlu minum dalam jumlah yang lebih besar dari jumlah yang hilang selama berolahraga untuk memulihkan keseimbangan air.

4. Tidak cukup hanya dengan minum 8 gelas air putih sehari

Nasihat lama untuk minum 8 gelas air setiap hari bagi kebanyakan orang, hal itu tidak akan berhasil. Jumlah tersebut hanyalah pedoman umum dan mungkin bukan asupan cairan yang cukup di lingkungan atau situasi yang lebih dehidrasi.

Jika jenis kelamin kamu adalah perempuan, usahakan untuk mengonsumsi 11,4 gelas cairan setiap hari. Sementara untuk laki-laki, targetkan sebanyak 15,6 gelas setiap harinya. Jumlah pasti yang tepat untuk Sahabat Fimela bergantung pada beberapa hal, termasuk usia dan tingkat aktivitas setiap hari.

5. Minumlah lebih banyak air saat sakit atau cuaca panas

Jika Sahabat Fimela mengalami muntah dan diare parah yang berisiko mengalami dehidrasi, maka perlu mengisi cairan tubuh lebih banyak.

Cuaca panas juga menjadi petunjuk bahwa seseorang perlu memperbanyak asupan air. Jika cuaca di luar panas, lebih baik minum lebih banyak cairan. Tidak ada ketentuan untuk menentukan berapa banyak cairan yang harus diminum, hal itu tergantung pada faktor-faktor seperti massa tubuh dan seberapa banyak seseorang berkeringat.

6. Konsumsi buah-buahan

Dalam hal hidrasi, semua cairan penting, termasuk kopi, jus, teh, dan air. Sahabat Fimela dapat menambahkan seltzer dan air berkarbonasi ke dalam daftar cairan yang harus diminum. Namun, ketahuilah bahwa jus dan teh manis tidak akan pernah bisa mengalahkan air putih dalam persaingan kesehatan.

Selain itu, Sahabat Fimela juga dapat membantu mencegah dehidrasi dengan mengisi pola makan dengan buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan air tinggi. Buah-buahan seperti melon, stroberi, dan semangka mengandung 90-99% air, sedangkan apel, anggur, jeruk, dan nanas mengandung 80-89% air. Buah-buah tersebut adalah pilihan hidrasi yang bagus untuk tubuh.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading