Sukses

Health

Kurangi Ketergantungan Obat, Gaya Hidup Sehat ini Bisa Cegah Asam Lambung Naik

1. Jauhi Makanan Penyebab Asam Lambung

Fimela.com, Jakarta Sebaiknya dihindari makanan berikut bagi mereka yang sering mengalami masalah naiknya asam lambung, khususnya bagi penderita GERD (Penyakit Refluks Gastroesofageal):

  • Makanan berlemak
  • Makanan pedas
  • Makanan asam, seperti tomat dan jeruk
  • Daun mint
  • Cokelat
  • Bawang
  • Kopi atau minuman berkafein
  • Minuman berkarbonasi

2. Makan dengan Porsi Kecil

Bagi individu yang kerap mengalami masalah dengan naiknya asam lambung, cara makan yang tepat adalah dengan menghindari makan dalam jumlah besar secara langsung. Sebaiknya, pilihlah untuk makan dalam jumlah kecil namun lebih sering. Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dapat memberikan tekanan pada otot kerongkongan bagian bawah, yang pada akhirnya dapat memicu refluks asam.

3. Hindari Tidur Setelah Makan

Banyak orang sering merasakan kantuk setelah makan, tetapi sedikit yang menyadari bahwa tidur atau hanya berbaring setelah makan dapat menaikkan asam lambung.

Untuk mengatasi kelelahan tersebut, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan-jalan santai atau bercengkrama dengan teman atau keluarga. Idealnya, tidur minimal tiga jam setelah makan karena pada umumnya proses pencernaan makanan sudah selesai.

4. Jaga Berat Badan

Menurut laporan yang dipublikasikan di situs halodoc.com, kelebihan berat badan adalah faktor utama yang menyebabkan penyakit GERD atau asam lambung kronis. Akumulasi lemak di daerah perut bisa memberi tekanan pada perut yang akhirnya memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol konsumsi kalori agar berat badan tidak meningkat secara signifikan.

5. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Nikotin yang terdapat dalam rokok mampu mengakibatkan otot di kerongkongan mengendur, sehingga menghambat kemampuan air liur untuk membersihkan asam secara optimal di dalamnya.

Asam Lambung Disebabkan karena Apa?

Menurutnya, kelebihan produksi asam lambung disebabkan oleh tekanan mental, kebiasaan makan yang tidak teratur, dan kerusakan pada struktur anatomi dinding lambung.

Ketika Asam Lambung Naik Kita Harus Apa?

Jika kondisi ini sampai mengganggu aktivitas, kamu bisa minum obat asam lambung seperti Mylanta.

Apa Penyebab Asam Lambung Naik Terus?

Kambuhnya penyakit asam lambung seringkali disebabkan oleh kebiasaan makan yang kurang sehat, seperti segera berbaring setelah makan atau mengonsumsi makanan dalam porsi besar secara bersamaan, dan sebagainya.

Berapa Lama Asam Lambung Sembuh Tanpa Obat?

Setidaknya perlu waktu 6-8 minggu untuk bisa membuat produksi asam lambung rendah atau gerd sembuh.

Vitamin Apa untuk Asam Lambung?

Salah satu nutrisi yang penting bagi orang yang memiliki masalah dengan asam lambung adalah vitamin B. Anda dapat memperoleh vitamin ini dengan mengonsumsi suplemen atau berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B, seperti telur, daging, yoghurt, dan bayam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading