Sukses

Health

Cara Bikin Air Rebusan 3 Daun untuk Redakan Asam Lambung, Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah

Fimela.com, Jakarta Biasanya, gangguan pencernaan seperti naiknya asam lambung, maag, atau bahkan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) mengharuskan seseorang bergantung pada obat-obatan untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, tidak semua orang menginginkan pengobatan kimia untuk menyembuhkan kondisi-kondisi ini karena lkadang ada yang memiliki alergi terhadap beberapa bahan dalam obat.

Namun, tidak perlu khawatir lagi karena ternyata ada banyak tanaman di sekitar rumah yang memiliki khasiat sebagai obat alami untuk berbagai penyakit, termasuk asam lambung. Karena sifatnya yang alami dan ekonomis, tanaman-tanaman ini bisa menjadi alternatif untuk pengobatan mandiri ketika asam lambung kambuh.

Berikut adalah 3 jenis air rebusan daun yang dapat membantu mengatasi masalah asam lambung, diambil dari berbagai sumber pada hari Jumat (14/6/2024).

1. Rebusan Daun Kelor

Daun kelor, nama lainnya adalah Moringa oleifera, mengandung banyak tanin dan flavonoid. Kedua senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan yang efektif dalam meredakan peradangan dan iritasi. Konsumsi daun berbentuk bulat kecil ini dapat membantu mengatasi sejumlah masalah lambung, termasuk asam lambung meningkat, maag, dan GERD.

2. Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor

Dari salah satu sumber, disebutkan bahwa proses pengambilan air daun kelor cukup sederhana. Hanya memerlukan dua bahan, yaitu 600 ml air dan daun kelor tentunya. 

Cara Membuat:

  • Pisahkan daun kelor dari tangkainya dan cuci hingga bersih
  • Rebus air sampai mendidih
  • Masukkan daun kelor
  • Saat air rebusan sudah menghijau dan beraroma, air rebusan bisa disaring
  • Selanjutnya bisa langsung dikonsumsi. Jika ingin manis, bisa ditambah madu untuk opsi yang lebih sehat.

3. Rebusan Daun Kemangi

Sebuah laporan dari salah satu artikel mengungkapkan bahwa daun kemangi diklaim mampu mencegah beragam gejala yang timbul akibat luka pada lambung. Daun yang memiliki aroma yang khas ini mengandung senyawa bernama eugenol yang memiliki sifat anti-inflamasi. Tidak hanya itu, daun kemangi juga diyakini dapat membantu menjaga keseimbangan kadar asam lambung serta pH dalam tubuh.

4. Cara Membuat Air Rebusan Daun Kemangi

Untuk mendapatkan air rebusan daun kemangi, komposisi yang diperlukan diperlukan cukup sederhana, yaitu beberapa lembar daun kemangi (3-5 lembar) dan satu gelas air.

Cara membuat:

  • Didihkan air
  • Masukkan kemangi ke air mendidih
  • Angkat setelah mendidih dan air rebusan berubah warna jadi kehijauan
  • Saring air rebusan nya
  • Air rebusan kemangi bisa dikonsumsi

5. Rebusan Daun Sirih

Tumbuhan yang sering digunakan sebagai bahan utama untuk menginang oleh banyak orang tua ini ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi naiknya asam lambung. Daun sirih terkenal karena memiliki sifat antibakteri.

Berdasarkan beberapa artikel kesehatan, daun sirih dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada lambung serta mengurangi gejala GERD dan gangguan lambung lainnya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan daun sirih dalam meningkatkan produksi lendir pada lambung dan usus, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya luka pada lambung.

Selain itu, daun berbentuk hati ini juga bermanfaat dalam melindungi saluran pencernaan dari racun, menyeimbangkan tingkat keasaman dan pH lambung, serta mengatasi masalah maag, kembung, dan gejala serupa.

6. Cara Membuat Air Rebusan Daun Kemangi

Untuk membuat rebusan daun sirih bahan-bahan yang diperlukan ialah daun sirih 4-5 lembar dan air sesuai kebutuhan.

Cara membuat:

  • Rebus daun sirih selama kurang lebih 10 menit
  • Masak sampai air rebusan berubah warna dan menyusut hingga setengahnya
  • Saring air rebusan
  • Air rebusan daun sirih siap diminum

Tumbuhan Apa yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung?

Beberapa elemen alam diketahui bisa mengurangi keasaman lambung, seperti jahe, sereh, dan madu. Tidak hanya itu, penggunaan obat-obatan seperti Sanmag Suspensi, Xepazym, dan Plantacid Forte Suspensi juga bisa menjadi pilihan.

Apa Penyebab Asam Lambung tak Kunjung Sembuh?

Penyembuhan GERD yang tidak kunjung terjadi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gaya hidup yang tidak sehat, kondisi medis atau penyakit khusus, serta pengobatan yang kurang memadai. Risiko terkena GERD lebih tinggi bagi individu yang mengalami obesitas, hernia hiatus, masalah pada katup kerongkongan bagian bawah, atau sedang dalam keadaan hamil.

Apa Penyebab Asam Lambung Naik Terus?

Mengonsumsi makanan dan minuman secara tidak teratur bisa memicu peningkatan asam lambung. Jenis makanan yang tinggi lemak, pedas, asam, dan berkarbonasi yang masuk ke dalam lambung dapat merangsang produksi asam lambung dan menyebabkan gejala GERD.

Berapa Lembar Daun Jambu Air untuk Asam Lambung?

Bersihkan 5–10 lembar daun jambu biji di bawah aliran air dingin. Setelah itu, didihkan dua cangkir atau sekitar 475 ml air, kemudian tambahkan daun yang telah dibersihkan tadi.

Apakah Air Kelapa Muda Bisa Mengobati Asam Lambung?

Manfaat dari air kelapa muda juga dapat membantu mengurangi gejala asam lambung, seperti rasa terbakar di bagian dada.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading