Sukses

Health

5 Tips Sehat Mengatur Menu Makan Malam Rendah Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Kolesterol adalah lemak yang diperlukan untuk berfungsinya tubuh. Namun, jika kolesterol dalam darah terlalu banyak, kolesterol dapat menumpuk di arteri dan membentuk plak, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap sehat.

Mengkonsumsi makanan bergizi dan menyehatkan jantung adalah salah satu perawatan utama untuk menurunkan kolesterol. Fokuslah pada makanan tinggi serat, dan makanan kaya asam lemak omega-3. Lemak sehat ini membantu melindungi jantung dengan berbagai cara, termasuk menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida dalam aliran darah yang berkontribusi terhadap penyumbatan arteri.

Saat merencanakan kebutuhan makan, terutama makan malam hendaknya pilih yang rendah kolesterol. Penting untuk fokus pada penciptaan makanan seimbang yang menggabungkan berbagai kelompok makanan. Menyadur dari menusview.com, berikut beberapa tips mengatur menu makan malam rendah kolesterol yang perlu Sahabat Fimela pertimbangkan:

1. Makan beragam buah dan sayuran

Buah dan sayuran secara alami rendah kolesterol dan mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Usahakan untuk mengisi setengah piring Sahabat Fimela dengan buah-buahan dan sayuran guna menambah rasa, tekstur, dan nutrisi pada makan malam yang rendah kolesterol.

 

2. Pilih protein tanpa lemak

Pilihlah sumber protein tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, kalkun, ikan, kacang-kacangan, dan tahu. Sumber protein ini rendah lemak jenuhnya dan memberikan nutrisi penting seperti asam lemak omega-3.

3. Gabungkan biji-bijian utuh

Tukar biji-bijian olahan dengan biji-bijian seperti beras merah, pasta gandum, dan roti gandum. Biji-bijian utuh kaya akan serat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan melancarkan pencernaan.

 

4. Tambahkan lemak dan minyak sehat

Sahabat Fimela dapat mengganti lemak jenuh dan lemak trans dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Lemak ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan melindungi kesehatan jantung.

 

5. Bumbui dengan rempah-rempah

Tingkatkan cita rasa resep makan malam rendah kolesterol dengan bumbu dan rempah beraroma. Tidak hanya menambah rasa, tetapi juga memberikan sifat antioksidan yang berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking Tha Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading