Sukses

Health

Kopi Pahit Selalu Menggoda, Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi?

Fimela.com, Jakarta Kini, minat anak muda dan dewasa terhadap kopi semakin meningkat. Banyaknya coffee shop yang bermunculan di berbagai daerah menjadi salah satu daya tarik untuk menikmati kopi bersama teman-teman. Selain itu, kafein dalam kopi juga banyak dinikmati karena kemampuannya untuk mengurangi rasa kantuk, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam beraktivitas.

Namun, apakah mengonsumsi kopi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh? Berdasarkan beberapa sumber yang dirangkum pada hari Senin (18/3/2024), berikut penjelasan mengenai keamanan mengonsumsi kopi bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Amankah, Kopi untuk Penderita Kolesterol Tinggi?

Menurut laporan dari Medical News Today, kebiasaan minum kopi hitam dapat meningkatkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Oleh karena itu, disarankan bagi individu yang berisiko tinggi terhadap kolesterol untuk mengurangi konsumsi kopi hitam.

Selain itu, bagi penderita kolesterol tinggi yang ingin tetap mengonsumsi kopi, perhatian terhadap jenis kopi dan proses pengolahannya sangat penting. Hal ini dikarenakan beberapa metode pengolahan kopi dapat menghilangkan minyak alami yang terkandung dalam biji kopi.

Pilihan Kopi yang Aman Bagi Pengidap Kolesterol Tinggi

Bagi penggemar kopi yang mengalami kolesterol tinggi, disarankan untuk memilih kopi tanpa kafein atau kopi decaf. Hal ini disarankan karena kopi tersebut memiliki risiko yang lebih rendah dalam meningkatkan kadar kolesterol dibandingkan dengan jenis kopi lainnya. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi kopi tetap harus dibatasi, tidak boleh melebihi empat cangkir sehari.

Campuran Kopi yang Aman Bagi Pengidap Kolesterol Tinggi

Saat ini, berbagai jenis minuman kopi telah menjadi pilihan yang umum, seperti latte, cappuccino, frappe, dan mochaccino. Variasi dalam komposisi minuman ini juga luas, termasuk gula, susu, dan krim.

Kombinasi beragam bahan tersebut dapat mengurangi efektivitas manfaat kopi. Bahkan, konsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi kopi dengan bijaksana agar manfaatnya dapat diperoleh secara maksimal.

Tips Aman Minum Kopi bagi Pengidap Kolesterol Tinggi

Menurut informasi yang terdapat di salah satu situs kesehatan, orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi masih bisa minum kopi dengan jumlah yang sesuai. Disarankan untuk memilih kopi yang disaring daripada yang tidak. Jika tidak ada pilihan selain kopi tanpa penyaringan, perlu memperhatikan bahan tambahan yang digunakan. Kopi dengan sedikit gula cenderung lebih baik untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh.

Rekomendasi Minuman Selain Kopi untuk Pengidap Kolesterol

Bagi mereka yang ingin menikmati minuman selain air putih, ada beberapa opsi minuman yang bisa dipertimbangkan agar tingkat kolesterol tidak meningkat secara signifikan.

1. Sari Kedelai

Berdasarkan informasi dari satu sumber, mengonsumsi 25 gram protein kedelai setiap hari diyakini dapat mengurangi kadar kolesterol. Proses pencernaan protein kedelai menghasilkan peptida yang membantu mengatur reseptor low-density lipoprotein (LDL).

2. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol dengan menyerap lemak di usus dan mengaktifkan jalur penurunan sintesis asam lemak.

3. Jus Tomat

Studi yang melibatkan 481 partisipan di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi jus tomat dapat secara signifikan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ini disebabkan oleh kandungan senyawa likopen dalam jus tomat yang terkenal efektif untuk menurunkan kolesterol jahat.

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat?

  1. Menjaga Berat Badan Ideal
  2. Rutin Berolahraga
  3. Mengelola Stres
  4. Menghentikan Kebiasaan Merokok
  5. Mengurangi Konsumsi Minuman Beralkohol
  6. Membatasi Asupan Makanan yang Mengandung Gula dan Lemak Jahat
  7. Memperbanyak Asupan Serat
  8. Mengonsumsi Makanan Penurun Kolesterol.

Apakah Minum Air Hangat Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol?

Minum air hangat tidak dapat mengurangi kolesterol.

Pisang Apa yang Bagus untuk Menurunkan Kolesterol?

Menambahkan serat dalam pola makan dapat membantu mengelola tingkat kolesterol. Buah pisang kepok kuning adalah salah satu contohnya yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Apakah Kolesterol Bisa Sembuh Total?

Tidak, akan tetapi pengendalian kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan tindakan yang sesuai. Konsumsi makanan sehat, lakukan aktivitas fisik secara teratur, dan hindari merokok merupakan metode yang tepat untuk mengurangi kadar kolesterol secara alami.

Apakah Yogurt Cimory Bisa Menurunkan Kolesterol?

Yoghurt Cimory mengandung probiotik seperti Lactobacillus Acidophilus yang sangat efektif dalam mengurangi tingkat kolesterol buruk. Dengan mengonsumsi satu paket setiap hari, penurunan kolesterol buruk bisa mencapai 2,4%, sambil mengurangi risiko penyakit jantung hingga 10%.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading